kumparan
8 Okt 2018 10:58 WIB

Dolar AS Tembus Rp 15.200

Ilustrasi dana asing. (Foto: Pixabay/geralt)
Dolar Amerika Serikat (AS) terus merangsek menghantam rupiah. Siang ini, mata uang Paman Sam tersebut menembus level terbarunya di Rp 15.200.
ADVERTISEMENT
Mengutip data perdagangan Reuters, Senin (8/10), hingga pukul 10.46 WIB, dolar AS bertengger di posisi tertingginya Rp 15.207. Pagi tadi, dolar AS dibuka di level Rp 15.175. Artinya, dolar AS sudah menguat terhadap rupiah sebesar 32 poin (0,21 persen).
Secara year to date (ytd) atau dari awal tahun hingga saat ini, dolar AS sudah menguat terhadap rupiah sebesar 12,08 persen.
Pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada dalam risetnya menyebutkan, pergerakan rupiah masih mengalami pelemahan seiring belum adanya sentimen positif dari dalam negeri.
Masih adanya kekhawatiran akan kembali meningkatnya laju USD seiring dengan adanya sejumlah data-data AS yang akan dirilis membuat pelaku pasar mengambil posisi kembali pada USD.
ADVERTISEMENT
Dolar AS Tembus Level Rp 15.200. (Foto: Dewi Rachmat Kusuma/kumparan)
Prediksi Rupiah:
Diperkirakan rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.182-15.169 per dolar AS. Pergerakan rupiah yang berkurang pelemahannya diharapkan dapat kembali terjadi sehingga membuat rupiah memiliki jeda untuk kembali rebound.
Paling tidak, pelemahan menjadi terbatas mengingat pergerakan rupiah yang telah berada di area oversold-nya. Di sisi lain, pergerakan USD pun terlihat melambat setelah dirilisnya angka pertumbuhan gaji (nonfarm payrolls) AS yang naik di bawah ekspektasi.
Diharapkan rilis tersebut dapat mengurangi tekanan terhadap rupiah. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan