kumparan
21 Oktober 2019 17:16

Edhy Prabowo, Politikus Gerindra Menuju Kursi Menteri Pertanian?

Prabowo Subianto, Edhy Prabowo, POTRAIT
Edhy Prabowo tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto datang ke Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10). Prabowo tampak hadir bersama Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhy Prabowo.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Prabowo menguatkan informasi jatah menteri untuk partai berlambang Garuda itu. Pasalnya, hari ini Presiden Joko Widodo memang tengah memanggil calon-calon menteri kabinetnya satu per satu.
Prabowo disebut akan mendapat jatah Menteri Pertahanan menggantikan Ryamizard Ryacudu. Selain Prabowo, nama Edhy Prabowo juga digadang-gadang akan masuk ke kabinet Jokowi periode kedua untuk menjadi Menteri Pertanian.
Sejak Prabowo membuka ruang rekonsiliasi dengan Jokowi, Edhy Prabowo memang santer disebut sebagai salah satu kandidat menteri jika Gerindra resmi berkoalisi. Ia memang tak setenar Fadli Zon. Tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa Edhy Prabowo adalah salah satu orang kepercayaan Prabowo. Salah satu buktinya, Edhy-lah yang diajak mendampingi Prabowo saat roadshow menemui ketua-ketua umum partai koalisi.
Prabowo Subianto, Edhy Prabowo
Edhy Prabowo tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Edhy mengawali karier sebagai atlet pencak silat nasional. Berbekal segudang prestasi olahraga, pria kelahiran Muara Enim, 24 Desember 46 tahun silam itu diterima menjadi taruna Akabri di Magelang, Jawa Tengah, pada tahun 1991.
ADVERTISEMENT
Sayang, karier militernya hanya seumur jagung. Pada tahun 1993, ia dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan dan memutuskan hijrah ke Jakarta.
Di Ibu Kota itu lah, hubungan pertemanannya dengan Prabowo Subianto terjalin. Kala itu, Edhy tinggal menumpang di rumah salah satu temannya. Siapa sangka, temannya itu merupakan sahabat Prabowo yang saat itu berpangkat Letkol.
Prabowo saat itu langsung jatuh hati dengan Edhy dan kemudian membiayai pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Kedekatan keduanya langsung terjalin. Pria yang kini menjabat Waketum Gerindra ini tak butuh lama untuk menjadi orang kepercayaan Prabowo.
Edhy kerap mendampingi purnawirawan jenderal bintang tiga itu saat berbisnis atau pergi ke luar negeri. Ia langsung masuk Gerindra ketika Prabowo mendirikan partai baru tersebut. Di Pileg 2019, Prabowo meminta Edhy nyaleg dengan dapil kampung halamannya, Sumsel II. Ia kemudian lolos ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak. Edhy terpilih lagi untuk periode 2014-2019 dan 2019-2024.
Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Edhy Prabowo
Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Edhy Prabowo. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Pada periode 2009-2014, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, dan BUMN. Sedangkan pada periode 2014 - 2019, Edhy menjadi Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya bergelut di bidang politik, Edhy Prabowo juga berkiprah di bidang bisnis. Ia tercatat pernah menjadi Komisaris PT Kiani Lestari pada 2007-2015, Direktur Utama PT Garuda Security Nusantara (2005-2015), Direktur Utama PT Tusam Hutani Lestari (2004-2015), dan Asisten Direktur Utama PT Nusantara Energi (1998-2004).
Di bidang organisasi, Edhy Prabowo aktif di Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI). Ia juga pernah menjadi Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).
Usai pertemuan dengan Jokowi, Prabowo menyebut bahwa dirinya akan menduduki kursi Menteri Pertahanan. Sedangkan untuk Edhy Prabowo, ia mengatakan bahwa Jokowi yang akan mengumumkannya langsung.
"Tunggu Pak Presiden yang mengumumkan," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan