Bisnis
·
4 Agustus 2021 16:44
·
waktu baca 2 menit

Emil Dardak Ingin Produk UMKM Berkualitas, Tapi Harga Jangan Terlalu Mahal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Emil Dardak Ingin Produk UMKM Berkualitas, Tapi Harga Jangan Terlalu Mahal (814094)
searchPerbesar
Wakil Gubenur Jawa TImur, Emil Elestianto Dardak. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak berbicara mengenai pentingnya kurasi agar produk UMKM semakin berkualitas. Langkah kurasi tersebut juga dilakukan di event Bangga Buatan Indonesia (BBI) Lokal Keren Jatim.
ADVERTISEMENT
Pagelaran virtual expo tersebut bisa dilihat di lokalkerenjatim.id yang rencananya dibuka secara resmi tanggal 7 Agustus dan berakhir pada 31 Agustus 2021. Emil mengatakan, setiap produk yang ditawarkan khususnya oleh Pemprov Jatim tentu sudah melewati proses kurasi.
“Nah dalam hal kurasi menjadi sangat penting, tentunya tugas kami sebagai pemerintah membangun kepercayaan dan trust dari konsumen,” kata Emil saat konferensi pers BBI Lokal Keren Jatim secara virtual, Rabu (4/8).
Emil menjelaskan, proses kurasi melibatkan semua pihak termasuk pihak pasar digital. Ia menilai langkah tersebut bisa membuat produk yang ditawarkan tidak diragukan lagi kualitasnya dan sesuai dengan keinginan pasar.
Emil Dardak Ingin Produk UMKM Berkualitas, Tapi Harga Jangan Terlalu Mahal (814095)
searchPerbesar
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak kunjungi Bangsring Underwater di Banyuwangi. Foto: Dok. Pemkab Banyuwangi
Meski begitu, Emil meminta produk berkualitas tidak boleh langsung mematok harga yang berlebihan ke masyarakat.
ADVERTISEMENT
“Bahwa produk yang memang didorong pemasarannya oleh provinsi adalah produk yang berkualitas tapi yang tak kalah penting berkualitas tapi juga jangan ngemplang harganya jangan terlalu mahal,” ujar Emil.
Untuk itu, Emil biasanya bertanya saat pameran yang digelarnya terkait harga produk. Dalam kesempatan ini, ia mengharapkan para pelaku usaha juga tidak hanya menunggu adanya pameran.
“Jangan sampai mereka hanya bisa survive kalau ada pameran. Kita ingin mereka bisa survive terus dan kalau hanya mengandalkan hanya ikut pameran pemerintah itu bukan sustainable,” tutur Emil.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white