kumparan
search-gray
Bisnis30 Juli 2020 17:26

Erick Thohir: Akan Ada Direksi dan Komisaris Milenial Lagi

Konten Redaksi kumparan
Erick Thohir: Akan Ada Direksi dan Komisaris Milenial Lagi (634222)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bakal menempatkan orang-orang muda alias generasi milenial menduduki kursi penting di perusahaan negara. Dia percaya orang-orang muda potensial membangun BUMN.
ADVERTISEMENT
Di hadapan banyak milenial BUMN dalam acara Inaugurasi BUMN Millenial Innovation Summit 2020, Erick mengatakan jatah millenial di BUMN minimal 5 persen.
"Kami tidak segan-segan, sudah komitmen bahwa jumlah komisaris, direksi, dan level manager minimum 5 persen (diisi milenial). Ini bukan hanya lip service tapi sebagai komitmen," kata dia, Kamis (30/7).
Erick mengatakan, di dalam lima pilar BUMN, ada satu hal yang penting untuk dibangun yakni teknologi. Dia berharap anak-anak muda menjadi tumpuan dalam mengembangkan teknologi dan inovasi di lingkungan BUMN.
Menurut dia, Indonesia sebagai negara memiliki tiga landasan kuat, yaitu negara besar, sumber daya alam bagus, dan sektor logistik yang terus diperbaiki di era Presiden Joko Widodo.
Tapi, satu hal yang kurang adalah inovasi. Indonesia dibandingkan dengan negara lain, sangat kalah dari sisi inovasi. Karena itu, kata dia, dengan adanya virus corona, Indonesia harus menjadi bangsa produktif dan inovatif.
Erick Thohir: Akan Ada Direksi dan Komisaris Milenial Lagi (634223)
Sejumlah tamu berfoto bersama di depan logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN. Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
"Kami berharap apa yang hari ini dilakukan, milenial BUMN harus jadi bagian penting, menjadi pergerakan untuk BUMN bersaing dan memenangkan pasar secara sehat, membangun ekosistem yang baik, dan win-win solution baik swasta, desa, dan lainnya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Untuk merealisasikan janjinya ini, Erick sudah memboyong anak-anak muda alias milenial masuk BUMN, di antaranya ada tiga orang yang diangkat belum lama ini.
Pertama, pendiri Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid, yang diangkat menjadi Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).
Kedua ada Adrian Zakhary di PTPN VIII sebagai komisaris dan terakhir kursi komisaris PT Pertamina Hulu Energi yang dipercayakan pada Fadli Rahman.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white