Erick Thohir: BUMN Perlu Bantuan Swasta untuk Distribusikan Minyak Goreng

19 Mei 2022 9:49
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Erick Thohir: BUMN Perlu Bantuan Swasta untuk Distribusikan Minyak Goreng (1080)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri BUMN Erick Thohir hadiri acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 di Grha Pertamina, Jakarta. Senin (9/5/2022). Foto: Kementerian BUMN
ADVERTISEMENT
Pemerintah tengah melibatkan BUMN untuk penyaluran minyak goreng curah Rp 14 ribu per liter. Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa dalam mengemban amanah tersebut tidak mungkin dilakukan sendiri oleh BUMN, tapi juga pihak swasta perlu terlibat.
ADVERTISEMENT
“Kita sekarang mendapat penugasan, BUMN bersama swasta bersama-sama, tidak mungkin BUMN ketika ada penugasan baru, berdiri sendiri tidak mungkin karena BUMN tidak punya minyak gorengnya,” kata Erick saat ditemui wartawan di Senayan, Jakarta, Rabu (18/5).
Meskipun punya titik-titik distribusi, jelas Erick, BUMN tidak bisa menjangkau seluruh wilayah. Oleh sebab itu menurutnya peran swasta diperlukan.
“Nah makannya kita bersepakat, oke bersama swasta produksi minyak goreng, BUMN yang 18 persen dari total curah, lalu sisanya swasta. Kita jadikan satu lalu kita sama-sama mendistribusikan ke 10.000 titik. Minggu ini 1.200, minggu depan 2.500 nanti jadi 5.000, bertahap,” kata dia.
Erick Thohir: BUMN Perlu Bantuan Swasta untuk Distribusikan Minyak Goreng (1081)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri BUMN, Erick Thohir memberi pembekalan peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Stadium, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Diketahui pemerintah sejak melarang ekspor CPO sedang menggencarkan penyaluran minyak goreng agar minyak curah bisa ke harga yang diharapkan, Rp 14 ribu per liter. Sementara saat ini Erick melihat minyak goreng masih dibanderol Rp 21 ribu per liter.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Supaya apa? harga daripada minyak goreng itu bisa turun. Sekarang Rp 21 ribu, target awalnya Rp 19 ribu untuk yang minyak goreng curah, kemudian dari Rp 19 ribu turun ke 17 ribu. Kita lakukan supaya apa, ekspornya bisa mulai juga ditinjau,” jelas Erick.
BUMN Bidik Distribusi ke 40 Juta Warga Miskin
Diberitakan sebelumya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan BUMN melalui ID FOOD dan Bulog menargetkan distribusi minyak goreng dari kedua BUMN tersebut bisa menjangkau 40 juta masyarakat miskin di seluruh Indonesia.
"Ini nanti targetnya sampe ke 40 juta masyarakat miskin. Mereka bisa beli 1-2 liter minyak goreng per harinya atau berapa lah," kata Arya kepada wartawan di Sarinah, Selasa (17/5).
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Arya menjelaskan keterlibatan BUMN dalam distribusi minyak goreng curah ini masih menunggu keluarnya regulasi dari kementerian terkait. Setelah itu, data penerima akan menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).