Bisnis
·
21 November 2020 7:34

Erick Thohir Rombak Direksi BUMN Dalam Sepekan: Garuda, Pupuk, LEN, dan RNI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Erick Thohir Rombak Direksi BUMN Dalam Sepekan: Garuda, Pupuk, LEN, dan RNI (668475)
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan bongkar pasang jajaran direksi di sejumlah perusahaan pelat merah dalam satu pekan terakhir. Perombakan direksi tersebut dilakukan Erick pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau PT RNI.
ADVERTISEMENT
Pertama, Erick memutuskan mengangkat Mantan Direktur Utama Perum Peruri, Prasetio, menjadi Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pengangkatan itu disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia yang dilakukan kemarin, Jumat (20/11).
Prasetio menggantikan direktur keuangan sebelumnya, yakni Fuad Rizal. Prasetio sendiri sebelum memimpin Peruri, memang pernah berkiprah di sejumlah BUMN. Seperti di Merpati, juga pernah menjabat Direktur Compliance & Risk Management di Telkom.
Erick Thohir Rombak Direksi BUMN Dalam Sepekan: Garuda, Pupuk, LEN, dan RNI (668476)
Mantan Dirut Perum Peruri, Prasetio. Foto: Peruri
Kedua, Erick juga melakukan perubahan susunan Direksi PT Len Industri (Persero) dengan menetapkan Indarto Pamoengkas sebagai Direktur Keuangan dan SDM. Indarto menggantikan Priadi Ekatama Sahari yang dicopot Erick Thohir.
Penetapan tersebut disahkan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-376/MBU/11/2020 yang dilaksanakan secara online, pada Kamis, 19 November 2020.
ADVERTISEMENT
Indarto Pamoengkas sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Pupuk Indonesia (Persero) selama 5 tahun terhitung dari Desember 2015, serta Senior Vice President di PT Bank Mandiri dari September 2000 hingga Desember 2015.
Pupuk Indonesia yang dikelola dirinya disebut dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan secara signifikan, serta menjadi "Trusted Company" dalam tata kelola perusahaan tahun 2018. Ia juga pernah menerima Penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer 2017 dari Majalah SWA pada 3 tahun lalu.
Ketiga, Erick juga merombak jajaran kepengurusan PT Pupuk Indonesia (Persero). Mantan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau PT RNI, Eko Taufik Wibowo, ditarik menjadi direktur keuangan dan investasi.
Eko Taufik Wibowo menggantikan Indarto Pamoengkas yang digeser Erick ke PT Len Industri (Persero). Selain itu, melalui keputusan tersebut Menteri BUMN juga mengangkat kembali Gusrizal sebagai Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia. Perubahan susunan Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui SK-377/MBU/11/2020.
Erick Thohir Rombak Direksi BUMN Dalam Sepekan: Garuda, Pupuk, LEN, dan RNI (668477)
Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Eko Taufik Wibowo dalam Ngopi BUMN di Gedung Sinergy Lounge BUMN, Jakarta, Rabu (14/8). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Keempat, Erick juga melakukan perubahan susunan Direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) dengan menetapkan Arief Prasetyo Adi sebagai Direktur Utama menggantikan Eko Taufik Wibowo.
ADVERTISEMENT
Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 365/MBU/011/2020 yang dilaksanakan secara online, pada Senin, 16 November 2020.
Penetapan ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN dalam memperkuat peran RNI memimpin BUMN Klaster Pangan menuju proses integrasi bisnis pangan guna meningkatkan kontribusi BUMN dalam mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.
Arief Prasetyo Adi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di sektor pangan. Amanah sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya telah ia emban dengan baik selama 5 tahun. Sebagai BUMD pangan, Food Station telah sukses merilis sejumlah produknya di pasar ritel.