kumparan
search-gray
Bisnis30 Mei 2020 8:35

Erick Thohir Soroti Impor Gula dan Alkes hingga Ungkap Krakatau Steel Untung

Konten Redaksi kumparan
Erick Thohir Soroti Impor Gula dan Alkes hingga Ungkap  Krakatau Steel Untung (978151)
Erick Thohir konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Menteri BUMN Erick Thohir turut berkomentar soal PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) yang akhirnya mencatatkan laba di tahun 2020. Padahal sebelumnya, anak BUMN di sektor pertambangan itu selalu merugi selama 8 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bos BUMN yang terkenal rajin merombak jajaran direksi perusahaan pelat merah ini juga mengomentari perihal impor gula hingga alat kesehatan.
Erick Thohir juga buka suara mengenai rencana Presiden Jokowi melanjutkan pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, yang bahkan akan disambungkan hingga ke Surabaya. Ia membeberkan soal alasan proyek tersebut dilanjutkan serta target rampungnya.
Berikut rangkuman dari ketiga berita tersebut:
Respons Erick Thohir soal Krakatau Steel Cetak Laba
Erick Thohir Soroti Impor Gula dan Alkes hingga Ungkap  Krakatau Steel Untung (978152)
Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Menteri BUMN Erick Thohir punya jawaban sendiri soal terpatahkannya rekor merugi Krakatau Steel. Ia menilai, membaiknya keuangan perusahaan itu sejalan dengan langkah Kementerian BUMN melakukan efisiensi besar-besaran pada anak-anak usahanya.
"Hari ini ada kabar baik seperti Krakatau Steel yang hasil restrukturisasi ternyata sudah mulai profitable. Hal ini yang memang kenapa kemarin kita meminta restrukturisasi besar-besaran atas kinerja BUMN, tidak hanya cashflow, tapi juga efisiensi dan konsolidasi harus terjadi," ujar Erick dalam video conference, Jumat (29/5).
ADVERTISEMENT
Erick mengeklaim, langkah serupa juga ia jalankan terhadap perusahaan pelat merah lainnya. Salah satunya PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Ia baru-baru ini merampingkan jajaran direksi di PTPN III.
Erick Thohir: Terus Impor Gula dan Alat Kesehatan Itu Salah!
Erick Thohir Soroti Impor Gula dan Alkes hingga Ungkap  Krakatau Steel Untung (978153)
Gula Kristal Putih Impor 2020 dari Perum Bulog. Foto: Istimewa
Erick Thohir mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan hubungan ekonomi dan politik antarnegara. Lamanya penanganan wabah tersebut membuat sejumlah negara lebih mengutamakan kebutuhan dalam negeri dan menghindari ekspor.
Menurutnya, perubahan tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan negara lain di tengah ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir. Dia juga merasa keadaan ini harusnya menjadi momentum agar Indonesia bisa memperkuat produksi dan rantai pasok dalam negeri, sehingga bisa mengurangi ketergantungan impor.
"Ini kesempatan mulai berdikari, kita harus supply chain yang sehat tetapi tanpa anti-impor. Kalau gula harus impor terus salah lah! Alat kesehatan harus impor terus salah lah!" ujar Erick.
ADVERTISEMENT
Erick Thohir: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Rampung September 2022
Erick Thohir Soroti Impor Gula dan Alkes hingga Ungkap  Krakatau Steel Untung (978154)
Kereta yang akan dipakai sebagai Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Foto: Dok. PT KCIC
Erick Thohir juga menanggapi keputusan Jokowi untuk melanjutkan pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Jokowi menginstruksikan agar proyek ini kembali dikerjakan, bahkan ia meminta agar kereta tersebut bisa tersambung sampai ke Surabaya.
Erick menjelaskan, langkah yang dilakukan Jokowi ini juga menyebabkan terbukanya lapangan pekerjaan di tengah banyaknya pekerja yang di-PHK. Selain itu, Erick juga menyampaikan, proyek kereta cepat ini ditargetkan selesai pada September 2022.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white