kumparan
1 Sep 2018 11:17 WIB

Evaluasi Ganjil-Genap: Penumpang TransJakarta Naik 40 Persen

TransJakarta di Terminal Blok M masih beroperasi (Foto: Aria Pradana/kumparan)
Peraturan ganjil-genap yang dimulai sejak awal Agustus 2018 lalu telah dievaluasi oleh pengamat dan pakar transportasi. Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menjelaskan beberapa hasil evaluasi pelaksanaan ganjil-genap di DKI Jakarta.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, ada kenaikan jumlah penumpang TransJakarta sebesar 40 persen selama penerapan sistem ganjil-genap dijalankan.
"Animo masyarakat sampai saat ini masih baik terhadap pemberlakuan ganjil-genap, hal ini juga didukung berdasarkan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan," ucapnya kepada kumparan, Sabtu (1/9).
Jalan Layang Khusus Transjakarta Koridor 13. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Sementara itu, ia juga mencatat terdapat peningkatan 37 persen kecepatan rata-rata kendaraan di koridor ganjil-genap. Untuk waktu tempuh rata-rata kendaraan di koridor ganjil-genap mengalami mengalami penurunan 23 persen.
"Namun kecepatan rata-rata kendaraan di 41 koridor (106 jalan) prioritas DKI Jakarta mengalami peningkatan sebesar 26 persen," imbuhnya.
Menurutnya, pembelakuan ganjil-genap setelah Asian Games masih akan diberlakukan pada ruas yang sama dengan Peraturan Gubernur Nomor 77 tahun 2018 kecuali Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Benyamin Sueb. Ganjil-genap diberlakukan pada Senin - Jumat, pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan