Bisnis
·
28 Maret 2021 11:33

Fakta-fakta Cimory yang Akan IPO di Bursa Saham

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fakta-fakta Cimory yang Akan IPO di Bursa Saham (676081)
searchPerbesar
Ilustrasi Cimory. Foto: Dok. cimorypuncak
PT Cisarua Mountain Dairy atau Cimory berencana menjual saham-nya di bursa. Cimory merupakan pusat kuliner yang menjual aneka yoghurt, susu murni, serta aneka makanan lain di Cisarua, Puncak, Bogor.
ADVERTISEMENT
Berikut ini informasi mengenai rencana Cimory yang mau melantai di bursa saham:

Cimory Incar Rp 4,3 Triliun buat Tambahan Modal

Langkah tersebut akan dilakukan perusahaan, melalui mekanisme penawaran publik perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Dari IPO tersebut, perusahaan membidik dana hingga USD 300 juta atau setara Rp 4,3 triliun (Kurs Rp 14.400).
"Cimory menyiapkan penjualan saham bersama penasihat keuangannya. Jika terwujud, IPO ini berpotensi menjadi yang terbesar setelah PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk yang IPO sebesar USD 334 juta pada 2019," tulis Bloomberg dikutip kumparan Jumat (26/3).
Cimory didirikan pada 1992. Saat ini, perseroan secara grup memproduksi Produk Cimory yang dijual melalui berbagai saluran, termasuk toko modern dan pengecer tradisional.
ADVERTISEMENT
Cimory selama ini memproduksi aneka minuman berbahan baku susu, seperti susu murni, yoghurt, serta susu kedelai. Hal ini sejalan dengan visi Pendiri dan CEO Cimory, Bambang Sutantio. "Saya hanya ingin menghasilkan produk makanan dan minuman yang menurut saya enak untuk dikonsumsi keluarga sendiri," tulis Bambang di akun resmi perusahaannya.
Selain itu juga menawarkan daging olahan dan produk telur. Perusahaan memegang sejumlah merek seperti Cimory, Kanzler, dan Besto. Selain menjual produknya di gerai sendiri, produk Cimory juga dijual di berbagai jaringan toko modern dan toko ritel tradisional.
Sudah Lama Ingin IPO
Soal rencana melepas sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan menjadikan Cimory sebagai perusahaan publik, sepertinya juga sudah menjadi cita-cita lama Bambang. Hal itu bahkan telah dinyatakannya di laman resmi cimory.com.
ADVERTISEMENT
"Menjadi perusahaan publik, memproduksi dan mendistribusikan makanan dan minuman berbasis protein untuk seluruh masyarakat Indonesia," tulis pendiri Cimory itu lagi.
Sosok Pemimpin Cimory
Produk Cimory cukup dikenal masyarakat, terutama yogurt dan susu kemasan berbagai rasa. Perusahaan yang berlokasi di Cisarua, Bogor ini dipimpin Bambang Sutantio.
Dihimpun dari berbagai sumber, Bambang memulai bisnis susu segar dan yogurt sejak 1992. Mulanya, dua produk tersebut dijual Bambang di garasi rumah dan restoran milik keluarga yang berada di Puncak, Bogor. Dari situlah, setiap orang berkunjung ke Puncak, minumnya susu Cimory.
Dengan modal kecil dan menggaet peternak susu lokal, bisnis susu segar dan yogurt mulai dikenal masyarakat hingga membangun pabrik besar saat ini.
Fakta-fakta Cimory yang Akan IPO di Bursa Saham (676082)
searchPerbesar
Ilustrasi Cimory. Foto: Dok. cimorypuncak
Tak ingin hanya fokus pada produk susu segar dan yogurt, Bambang pun menantang anaknya untuk bikin inovasi produk lain. Melalui Alex Sutantio dengan memproduksi cokelat atau dikenal dengan Chocomory.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga menawarkan daging olahan dan produk telur. Perusahaan memegang sejumlah merek seperti Cimory, Kanzler, dan Besto. Selain menjual produknya di gerai sendiri, produk Cimory juga dijual di berbagai jaringan toko modern dan toko ritel tradisional.
"Saya hanya ingin menghasilkan produk makanan dan minuman yang menurut saya enak untuk dikonsumsi keluarga saya sendiri," kata Bambang dikutip kumparan dalam situs resmi Cimory, Jumat (26/3).
Dengan berbagai produk berbahan susu segar, Bisnis Cimory kian melejit. Bambang pun membuka gerai di sejumlah kota seperti Pasuruan di Jawa Timur dan Bawen di Jawa Tengah.
Bambang tidak hanya berhasil memproduksi pabrik dan gerai, tapi juga menjadikan objek wisata yang bisa didatangi untuk edukasi sekaligus rekreasi pada 2006 lalu.
ADVERTISEMENT