Bisnis
·
3 Juni 2018 0:27

Financial Talk BNI Life: Habiskan THR untuk Lebaran hingga Investasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Financial Talk BNI Life: Habiskan THR untuk Lebaran hingga Investasi (122101)
Fintalk 'Habiskan THR-Mu'. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
BNI Life berkerja sama dengan kumparan menggelar Financial Talk bertajuk 'Habiskan THR mu'. Acara ini diadakan di Auditorium Conclave Wijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (2/6).
ADVERTISEMENT
Senior Financial Planner sekaligus CEO AAM Partner, Aidil Akbar Madjid, yang menjadi pembicara dalam diskusi ini memberikan sejumlah tips untuk mengelola THR. Ia menyampaikan THR harus dihabiskan, tetapi jangan habis sebelum Hari Raya Idul Fitri itu sendiri.
Menurutnya, saat ini banyak orang yang tidak dapat mengelola uang THR lalu menghabiskanya dengan sekejap. Ia menyarankan THR sebaiknya digunakan untuk menyelesaikan seluruh kewajiban sebelum dan sesudah lebaran.
Financial Talk BNI Life: Habiskan THR untuk Lebaran hingga Investasi (122102)
Fintalk 'Habiskan THR-Mu'. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Dalam mengelola THR, Akbar menjelaskan hal yang pertama kali adalah harus memetakan pengeluaran, yakni yang bersifat wajib dan pengeluaran semi wajib.
"Artinya buat sebagian orang wajib, buat sebagian orang tidak wajib. Di bulan puasa anggaran pengeluaran tambahan antara 10 hingga 20 persen," kata dia saat acara Financial Talk di Auditorium Conclave Wijaya.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan pengeluaran pertama dari THR sebaiknya untuk zakat fitrah dan zakat mal, sebagai upaya untuk membersihkan diri dan harta sesuai dengan ajaran Islam.
Selain itu, dengan pengeluaran yang meningkat di bulan Ramadhan ini sebagian juga bisa menggunakan THR. Seperti buka puasa bersama, membeli pakaian lebaran, mudik, hingga membelikan oleh-oleh atau uang kepada keluarga.
"Beli oleh-oleh yang mewakili kepada setiap keluarga, kalau punya saudara banyak. Satu keluarga kakak misalnya dikasih satu hadiah, dan seterusnya. Terus kalau nagsih angpau jangan banyak gaya, kasih ampau disesuaikan dengan usia," katanya.
Namun, untuk buka bersama, pakaian lebaran dan mudik, Akbar menyarankan lebih cermat. Seperti untuk buka bersama, ia menyarankan agar datang usai berbuka puasa agar menghemat keuangan dan menghindarkan dari kemacetan.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk pakaian lebaran, menurutnya lebih baik membeli di tempat yang menawarkan diskon. Sedangkan ketika mudik ada baiknya memilih waktu terbaik agar bisa berhemat dan terhindar dari macet, seperti sesudah salat Idul Fitri. Atau membeli tikrt pesawat murah ketika di rentang pukul 10.00-12.00 WIB.
Financial Talk BNI Life: Habiskan THR untuk Lebaran hingga Investasi (122103)
Fintalk 'Habiskan THR-Mu'. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Ia mengatakan ketika di kampung halaman janganlah banyak bergaya seperti orang kaya. "Nanti pulang dari kampung setela arus baliknya kelar, karena itu menghemat 60 persen," ujarnya.
Menurut dia, apabila uang THR masih ada sisa sebaiknya dihabiskan untuk bersama-sama dengan orang tua.
"Uang THR ini yang enggak ada budgetnya sebenarnya, jadi ini momentum hari bahagia, hari merdeka dan sebagainya. Ajak jalan-jalan keluarga atau orang yang kalian cintai," kata Akbar.
ADVERTISEMENT
"Kalau masih ada sisa juga? Bayar utang," tambahnya.
Lalu apabila masih tersisa, kata Akbar, lebih baik untuk berinvestasi. Seperti emas, tanah, rumah, berbisnis, saham, deposito, dan produk pasar modal.
"Nabung investasi itu belakangkangan. Kalau kebutuhannya banyak, habiskan, makanya judulnya habiskan THR-mu," pungkasnya.