Bisnis
ยท
7 Mei 2020 17:30

Garuda Sudah Buka Rute Domestik, Citilink dan Lion Menyusul

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Garuda Sudah Buka Rute Domestik, Citilink dan Lion Menyusul (147102)
Pesawat Garuda Indonesia di landasan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Foto: REUTERS / Darren Whiteside
Garuda Indonesia melakukan penerbangan khusus atau exemption flight mulai hari ini, pukul 00:00 WIB. Layanan ini dibuka usai mendapatkan izin operasi dari Kementerian Perhubungan.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan di flightradar24 pukul 17:00 WB, Garuda di antaranya memiliki penerbangan dari Manado ke Jakarta, Jakarta ke Manado, Jakarta ke Pekanbaru, dan Batam ke Jakarta.
"Sudah (mulai terbang), penumpang bawa kargo juga," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra kepada kumparan, Kamis (7/5).
Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti, mengatakan untuk rute domestik yang dioperasikan hari ini, mengacu ketentuan regulator yaitu rute yang beroperasi sesuai aturan dan perizinan Kementerian Perhubungan.
Meski begitu, Mitra masih memantau tingkat keterisian kursi pada penerbangan di hari pertama.
"Sebagian besar rute kota-kota besar telah kami buka seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, hingga Medan," ujar dia.
Untuk penerbangan internasional, Mitra menuturkan, tujuan ke China dan Arab masih belum beroperasi karena dua negara tersebut belum membuka larangan penerbangannya.
ADVERTISEMENT
Dalam flightradar24, Garuda juga terlihat terbang dari Tokyo ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.
"Internasional pada dasarnya kita beroperasi di luar rute China dan Arab, tentunya dengan tetap memperhatikan tren isian penumpang sehingga frekuensi penerbangan dapat bergerak dinamis," ujar dia.
Jika Garuda Indonesia sudah memulai penerbangan khusus hari ini, anak usahanya yaitu Citilink, baru akan terbang besok. Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra mengatakan calon penumpang diwajibkan menunjukkan kelengkapan dokumen fisik yang asli pada saat melakukan check-in.
Selain itu, penumpang juga dipersyaratkan memiliki tiket pulang pergi. Layanan penerbangan domestik yang dimaksud, adalah untuk penumpang yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
Garuda Sudah Buka Rute Domestik, Citilink dan Lion Menyusul (147103)
Ilustrasi pesawat Lion Air. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Sedangkan maskapai penerbangan di bawah Lion Air Group akhirnya mengumumkan akan kembali mengudara mulai Minggu (10/5). Operasional ini berlangsung dalam situasi larangan terbang sesuai Permenhub No. 25 Tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Semula tiga maskapai di bawah Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mengklaim telah mengantongi izin Kemenhub untuk melakukan penerbangan khusus pada Minggu (3/5). Tapi penerbangan pada hari itu dibatalkan.
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan operasional penerbangan ini dilakukan sesuai regulasi dan protokol kesehatan yang berlaku.
"Lion Air Group menyampaikan rencana pengoperasian kembali layanan penerbangan domestik, yang akan dijadwalkan mulai Minggu, 10 Mei," kata Danang melalui pernyataan resmi.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.