Bisnis15 September 2019 11:30

Grab Berencana Uji Coba Operasi Kendaraan Listrik di Akhir Tahun

Konten Redaksi kumparan
Grab Berencana Uji Coba Operasi Kendaraan Listrik di Akhir Tahun (4355)
Petinggi Grab mencoba layanan sewa skuter listrik GrabWheels. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Setelah merilis layanan penyewaan skuter listrik. GrabWheels, kini Grab berencana untuk menyediakan kendaraan listrik yang bisa dinikmati masyarakat melalui pemesanan via aplikasi.
ADVERTISEMENT
President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengungkapkan bahwa kendaraan listrik yang disiapkan pihaknya yakni sepeda motor untuk layanan Grab Bike dan mobil untuk layanan Grab Car.
"Jadi pertamanya kita luncurkan personal electric vehicle seperti skuter ini, ke depan kita meluncurkan yang 4 roda dan 2 roda untuk electric vehicle," ujarnya kepada kumparan, Minggu (15/9).
Grab Berencana Uji Coba Operasi Kendaraan Listrik di Akhir Tahun (4356)
Mobil listrik ITS yang bisa dipesan. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus berdiskusi dengan pemerintah untuk merealisasikan rencana tersebut. Ditargetkan, pilot project rencana itu dapat dijalankan pada akhir tahun ini.
"Kita harapkan pilot project sudah bisa akhir tahun ini, untuk sementara Jakarta dulu," kata Ridzki.
Kementerian Perhubungan pun memastikan nantinya taksi atau ojek listrik akan mendapatkan keistimewaan khusus. Misalnya seperti bebas ganjil-genap, hingga tak dikenakan biaya parkir.
ADVERTISEMENT
"Kendaraan listrik akan bebas dari ganjil genap dan parkir gratis. Mungkin di daerah-daerah memberikan pengurangan pajak. Saya dengar dari Jawa Timur sudah mulai memberikan kemudahan-kemudahan," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (31/8).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white