kumparan
search-gray
Bisnis26 Mei 2020 11:08

H-3 Batas Akhir, Baru 46,6 Juta Orang Isi Sensus Penduduk Online

Konten Redaksi kumparan
H-3 Batas Akhir, Baru 46,6 Juta Orang Isi Sensus Penduduk Online  (486185)
Seorang perempuan melintas di depan tulisan "Sensus Penduduk 2020" di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat hingga hari ini sebanyak 46,6 juta orang telah mengisi sensus penduduk online. Ada pun batas akhir pengisian sensus penduduk online ini adalah 29 Mei 2020.
ADVERTISEMENT
“Penduduk yang sudah respons sensus penduduk online mencapai 46,6 juta,” ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono kepada kumparan, Selasa (26/5).
Otoritas statistik menargetkan 22,9 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia atau sekitar 61 juta orang bisa melakukan sensus penduduk secara online. Artinya di posisi hingga hari ini, baru sekitar 30,9 persen penduduk yang menginput data dalam sensus penduduk online.
Sementara untuk sensus penduduk manual atau wawancara dengan petugas akan dilakukan pada 1-30 September 2020. Namun menurut Margo, sensus penduduk manual akan dilakukan modifikasi.
H-3 Batas Akhir, Baru 46,6 Juta Orang Isi Sensus Penduduk Online  (486186)
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk secara online di ruang kendali eksekutif sensus penduduk Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Semula, petugas akan mendatangi satu per satu rumah warga (door to door) dan menanyakan sejumlah pertanyaan. Nantinya, door to door akan tetap dilaksanakan, namun lembar pertanyaan akan diberikan kepada warga dan diambil kembali oleh petugas. Margo menjelaskan, cara tersebut juga untuk mengantisipasi mewabahnya COVID-19.
ADVERTISEMENT
“Nanti door to door, tapi dengan mekanisme DOPU (drop off pick up) oleh petugas,” jelasnya.
Sensus penduduk online bisa diakses di laman sensus.bps.go.id. Tujuan utama sensus penduduk online memudahkan masyarakat, terutama yang memiliki aktivitas padat.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white