Bisnis
·
6 Mei 2021 18:05

Hari Pertama Larangan Mudik, Kendaraan yang Lewat Tol Hutama Karya Turun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hari Pertama Larangan Mudik, Kendaraan yang Lewat Tol Hutama Karya Turun (468265)
searchPerbesar
Tol Trans Sumatera yang dibangun PT Hutama Karya. Foto: Wendiyanto/kumparan
Pemerintah telah melarang mudik mulai tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Kebijakan tersebut tentu berdampak kepada turunnya lalu lintas kendaraan bermotor khususnya di jalan tol.
ADVERTISEMENT
Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro, mengungkapkan di hari pertama larangan mudik tersebut membuat kendaraan yang melintas di tol milik Hutama Karya turun 30 persen.
“Ini kami punya data real time bahwa kita itu tanggal 6 turun 30 persen tadi pagi saya lihat. Impact hari ini saja 30 persen,” kata Aries saat konferensi pers secara virtual, Kamis (6/5).
Aries membeberkan dari data pukul 00.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB ditunjukkan biasanya kendaraan yang melintas mencapai 2.900. Namun, di waktu tersebut hanya sekitar 2.000 saja.
Hari Pertama Larangan Mudik, Kendaraan yang Lewat Tol Hutama Karya Turun (468266)
searchPerbesar
Pengendara mobil antre saat akan memasuki Tol Gate Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (8/6/2019). Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah
Menurutnya, angka 2.000 tersebut hanya kendaraan atau masyarakat dari daerah lokal saja yang masuk tol.
“Nanti kita akan kasih data secara komprehensif. Tapi kalau kita lihat pagi turun 30 persen orang yang masuk sejak kondisi normal ke arah hari ini seperti itu,” ujar Aries.
ADVERTISEMENT
Aries belum bisa memastikan berapa persen penurunan sepanjang larangan mudik berlangsung. Menurutnya tidak menutup kemungkinan penurunannya secara keseluruhan bisa sampai 25 persen.
Seperti diketahui, kebijakan larangan mudik dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang belum juga berakhir. Para petugas disiagakan untuk menindak masyarakat yang nekat mudik.