kumparan
Bisnis13 Mei 2020 18:59

IHSG Diproyeksikan ke Level 5.775 Bila Corona Rampung Juni 2020

Konten Redaksi kumparan
saham, IHSG
Ilustrasi pergerakan saham. Foto: Antarafoto
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bisa mencapai level 5.775 apabila pandemi corona bisa dirampungkan pada Juni 2020. Sementara, bila corona baru reda pada September 2020, IHSG diproyeksikan berada pada 5.130.
ADVERTISEMENT
Pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (13/5) pukul 15.15 WIB, IHSG ditutup di zona merah pada 4.554,359.
"Target IHSG, saya melihat kalau COVID-19 berakhir di Juni (2020) Indeks 5.775. Kalau sampai September (2020), IHSG bisa 5.130. Lebih dari ini belum ada perhitungan," ujar Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee dalam diskusi online, Rabu (13/5).
Hans menjelaskan, pandemi corona ini memang tak dipungkiri memukul banyak sektor perekonomian. Termasuk juga, saham yang ada di pasar modal.
"Dilihat dari ukuran dampaknya. Sektor yang merasakan high impact itu pariwisata, hotel, restoran, transportasi dan agen perjalanan. Selain itu properti juga terpukul karena tidak bisa jualan selama pandemi," katanya.
Ilustrasi Saham.
Ilustrasi Saham. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sementara, ia melanjutkan, sektor yang terkena medium impact meliputi perbankan, multifinance, otomotif, pusat perbelanjaan, peternakan. Sedangkan low impact ada pada e-commerce, pembangkit listrik, alat kesehatan, makanan pokok, distribusi, IT dan komunikasi.
ADVERTISEMENT
"Kalau berlangsung sampai 6 bulanan yang sangat terpukul itu (saham) hotel dan restoran, transportasi. Sedangkan kalau terjadi lebih dari enam bulan, sektor yang pasti terpukul secara meluas itu manufaktur, ekspor, invesment dan komoditas. Makin lama akan makin banyak yang terpukul," ujarnya.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan