Bisnis
·
27 Agustus 2020 20:54

INACA: Pergerakan Penumpang di Bandara Mulai Naik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
INACA: Pergerakan Penumpang di Bandara Mulai Naik (5447)
Antrian penumpang di Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Foto: Dok. Angkasa Pura II
Aktivitas di Bandara berangsur ramai seiring mulai pulihnya animo masyarakat untuk bepergian menggunakan pesawat, setelah sebelumnya terpuruk akibat merebaknya pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan catatan Indonesia National Air Carriers Association (INACA), pergerakan penumpang sudah mengalami kenaikan yang signifikan di bulan Agustus 2020.
Ketua INACA, Denon Prawiraatmadja, mengatakan pergerakan penumpang hingga 20 Agustus 2020 sudah mencapai angka 26 ribu orang.
"Informasi di bulan Mei pergerakan di bandara domestik sangat drop, kemudian Juni, Juli meningkat signifikan. Bahkan di bulan Agustus sampai tanggal 20 mencapai 26 ribu pergerakan, ini masih sisa 10 hari lagi," ujar Denon dalam webinar INACA bertajuk adaptasi kebiasaan baru, Kamis (27/8).
INACA: Pergerakan Penumpang di Bandara Mulai Naik (5448)
Petugas melintas di kedatangan internasional Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruqan
Denon mengatakan, kenaikan itu mulai terjadi sejak pemerintah melonggarkan aturan pembatasan transportasi. Ia merinci, beberapa bandara yang cukup tinggi pergerakan penumpang yakni penerbangan dari Jakarta menuju Surabaya, Bali, hingga Denpasar.
"Bandara yang cukup tinggi pergerakan yaitu antara Soekarno-Hatta dengan Surabaya, Soekarno Hatta dengan Ujung Pandang, Denpasar dan Kualanamu, kita lihat pergerakan di bulan Agustus mungkin akan jauh lebih besar dari bulan Juli. Bulan Juli saja sudah mencapai sekitar 10.689 pergerakan," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Adanya kenaikan tersebut membuat Denon optimistis industri aviasi bakal membaik dan bisa pulih secara bertahap hingga akhir tahun 2020.