Bisnis17 September 2020 19:10

INDEF Soal PSBB Anies: Metodologi Bagus, tapi Tarik Remnya Kurang Smooth

Konten Redaksi kumparan
INDEF Soal PSBB Anies: Metodologi Bagus, tapi Tarik Remnya Kurang Smooth (206950)
Anies Baswedan beri penghormatan terakhir kepada Sekda DKI Foto: Pemprov DKI
Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dianggap terlalu mendadak. Direktur Riset INDEF Berly Martawardaya mengatakan Anies memiliki data mengenai perkembangan COVID-19 di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Ia mencontohkan data kapasitas rumah sakit bakal penuh tanggal 17 September kalau pasien COVID-19 terus bertambah. Menurutnya, data itu harus diinformasikan jauh hari sebelum diputuskan PSBB.
“Dari segi metodologi kita apresiasi berbasis data dan ilmiah tapi ya sepertinya bisa lebih cepat karena data harian ada ini kan baru 10 hari lalu disampaikan. Jadi agak mepet,” kata Berly saat webinar yang digelar INDEF, Kamis (17/9).
“Kan agak bagus kalau dilakukan 20 hari sebelumnya. Jadi tarik remnya istilahnya bisa lebih smooth. Karena data ada, bisa dihitung,” tambahnya.
INDEF Soal PSBB Anies: Metodologi Bagus, tapi Tarik Remnya Kurang Smooth (206951)
Sejumlah penumpang berada di dalam angkutan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (30/8). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Untuk itu, Berly menyarankan apabila Anies kembali memutuskan PSBB, data harus dipaparkan ke publik. Sehingga masyarakat mengetahui khususnya terkait kapasitas rumah sakit yang hampir penuh.
ADVERTISEMENT
Berly mengakui cukup bahaya kalau rumah sakit sampai penuh. Sehingga, ia menyambut baik pertimbangan yang diambil sebelum memilih memberlakukan PSBB lagi.
“Jadi kalau sampai kelewatan (kapasitas RS) ya Jakarta RS-nya harus menolak pasien. Ini yang dihindari ya, yang bahaya sekali menimbulkan dilema yang tinggi. Selain meningkatkan juga jumlah korban karena tidak bisa di-treatment dengan baik,” tutur Berly.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white