Bisnis
·
26 Februari 2020 10:51

Infrastruktur Dasar di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Semester 2 Tahun Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Infrastruktur Dasar di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Semester 2 Tahun Ini (518412)
Sayembara Desain Ibu Kota Baru. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan tahap awal ibu kota baru dilakukan pada semester II 2020. Saat ini Kementerian PUPR sedang mendetailkan desain pembangunan tahap awal.
ADVERTISEMENT
Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, mengatakan pembangunan tahap awal akan fokus pada konstruksi dasar seperti bendungan dan jalan.
"Ibu kota baru semester 2 ground breaking dengan jalan dan bendungan," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (26/2).
Danis mengatakan, saat ini pembangunan bendungan dalam proses lelang. Ia mengidentifikasi secara keseluruhan akan ada empat bendungan yang berada di atas lahan ibu kota baru.
Infrastruktur Dasar di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Semester 2 Tahun Ini (518413)
Potret udara proyek pembangunan jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi wilayah Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan
Dia belum menetapkan total anggaran pembangunan tahap awal konstruksi dasar di ibu kota baru. Namun khusus untuk anggaran uang muka diperkirakan sekitar Rp 200 miliar-Rp300 miliar.
Selain bendungan, Kementerian PUPR akan membuat akses jalan menuju ibu kota baru sebanyak 3 jalur. Hanya saja, ketiga akses jalan ini masih dalam proses penjajakan.
ADVERTISEMENT
"Dari arah Banjarmasin kemudahan akses dari arah Balikpapan kemudian dari arah Samarinda, Samboja," tuturnya.