kumparan
3 Nov 2018 20:23 WIB

INKA Juga Bidik Jadi Operator Kereta Barang di Meksiko

Kereta Barang (Foto: Flickr Stefanus Andriawan)
PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA ingin menjadi operator angkutan barang di Meksiko. Hal tersebut merespons rencana Pemerintah Meksiko yang dalam waktu dekat membuat jalur Kereta Api (KA) baru.
ADVERTISEMENT
Direktur Utama INKA, Budi Noviantoro, mengungkapkan belum lama ini Duta Besar Meksiko untuk Indonesia memberitahunya mengenai rencana Meksiko untuk membuat jalur KA angkutan barang.
“Saya berkomunikasi dengan Dubes Meksiko, katanya Presiden baru itu akan membuat rel baru dari pantai timur ke barat,” ujarnya kepada kumparan, Sabtu (3/11).
Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro saat berkunjung ke kumparan, Jakarta, Rabu (15/8/2018). (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Dia menjelaskan, INKA akan menawarkan kepada Meksiko untuk membuat trainset kereta barang, dan pihaknya turut berinvestasi. Sebagai imbalannya, INKA ingin diberi konsesi untuk menjadi operator.
“Saya lagi menjajaki Meksiko, INKA akan mengajukan penawatan. Itu menarik, angkutan barang, jadi operator kan lumayan,” papar Budi.
Dia pun mengungkapkan, pihaknya sudah tidak tertarik untuk memproduksi kereta penumpang. Selain sudah penuh pesanan, memproduksi kereta penumpang hanya memberi pendapatan ke INKA sebesar Rp 5 miliar per unit.
ADVERTISEMENT
“Berbeda kan dengan kami juga ikut jadi operator di angkutan barang. Day to day, month to month, year to year, kami menerima pendapatan,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan