Bisnis
·
22 Oktober 2019 7:36

Investasi Apa yang Cocok dengan Modal Pas-pasan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Investasi Apa yang Cocok dengan Modal Pas-pasan?   (46602)
Ilustrasi investasi di pasar saham Foto: Mahardika Argha/Shutterstock
Memulai investasi bukan hanya perkara sudah punya uang berapa di rekening, tetapi juga harus didukung dengan niat. Berapapun gaji yang didapatkan setiap bulannya sebenarnya sudah bisa dibuat untuk investasi.
ADVERTISEMENT
Lalu, investasi apa yang tepat bagi pemula yang uangnya masih pas-pasan?
“Paling gampang ya reksa dana. Mau saham atau fintech juga bisa. Semua diawasi OJK. Tapi kalau duitmu terbatas, reksa dana paling mudah,” kata Lead Financial Trainer, Ligwina Hananto saat dihubungi kumparan, Selasa (22/10).
Meski begitu, Ligwina menegaskan yang paling penting untuk mengawali investasi adalah kemauan yang kuat. Ia menyarankan setiap bulan sudah otomatis harus ada sebagian gaji yang disiapkan.
Investasi Apa yang Cocok dengan Modal Pas-pasan?   (46603)
Ilustrasi investasi Foto: Stevepb via Pixabay
Ligwina merasa kalau tidak dikondisikan seperti itu, investasi bisa saja berjalan kurang maksimal.
“Jadi janji dulu sama diri sendiri mau simpan berapa otomatis. Produk bisa kita bahas belakangan. Kebiasaannya itu susah banget kalau enggak dibikin otomatis,” ujar Ligwina.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Ligwina menjelaskan investasi akan berjalan lancar apabila kondisi keuangan sedang baik-baik saja. Ia mengharapkan tidak banyak utang setiap bulannya. Sehingga proses investasi berjalan lancar.
“Indikator keuangan sehat cicilan utang maksimal 30 persen dan kemampuan menyisihkan minimal 10 persen, keduanya dari penghasilan rata-rata 3 bulan terakhir. Syarat tambahan tagihan kartu kredit lunas,” terang Ligwina.