Jangkauan Transaksi QRIS Makin Meluas, Tahun Depan Berlaku di Singapura

31 Agustus 2022 7:50
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Layanan QRIS tengah dirancang oleh Bank Indonesia (BI) supaya bisa digunakan di Singapura, setelah sebelumnya Quick Response Code Indonesian Standard diterapkan di Thailand pada Januari 2022.
ADVERTISEMENT
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan, inisiasi kerja sama antara BI dan Monetary Authority of Singapore (MAS) juga sudah dimulai.
“Saat ini kita dengan Singapura sudah melakukan inisiasi, yaitu kerja sama dan dilanjutkan dengan piloting. Mudah-mudahan Singapura bisa dilakukan semester II tahun 2023,” ujar Filianingsih dalam Taklimat Media BI, Selasa (30/8).
Filianingsih mengungkapkan, tujuan QRIS antarnegara yang telah diinisiasi oleh BI ini bertujuan untuk memfasilitasi aktivitas perdagangan dan sektor pariwisata, khususnya UMKM.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

QRIS Bisa Digunakan di 5 Negara

BI akan memperluas penggunaan QRIS antarnegara ke 5 negara ASEAN, yaitu Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. “Setelah itu akan diikuti 5 negara ASEAN lainnya. Dan bisa diperluas di daerah regional,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Inisiasi dengan Singapura saat ini telah masuk dalam tahap development and piloting yang akan diselaraskan dengan banyak pihak. Pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dilakukan melalui interkoneksi kode QR nasional dengan sejumlah negara.
Filianingsih menambahkan, kerja sama transaksi QR Cross Border ini juga menawarkan biaya yang lebih efisien dibandingkan metode lainnya, seperti kartu kredit, tarik tunai di ATM luar negeri dan transaksi penukaran uang.
”Penyelesaian transaksi QR Cross Border menggunakan Local Currency Transaction, jadi tidak pakai dolar AS lagi," katanya. Selain Thailand dan Singapura, selanjutnya BI juga akan memperluas QRIS ke Malaysia, dan Filipina.