kumparan
27 Februari 2019 19:25

Jokowi Akan Percantik 4 Pos Perbatasan di 2019

Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Papua
Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Papua Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini akan membangun 4 Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Berdasarkan estimasi, pembangunan itu akan menelan biaya Rp 400 miliar.
ADVERTISEMENT
Adapun 4 PLBN yang akan dibangun itu ialah PLBN Jagoi Babang Kalimantan Barat, PLBN Sei Nyamuk Nunukan Kalimantan Utara, PLBN Long Midang Kalimantan Utara, dan PLBN Sota Kabupaten Merauke Papua.
"Ada 4 PLBN yang akan kami bangun. Desainnya sudah siap, sedang proses lelang," ucap Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga saat ditemui di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (27/2).
Batas Indonesia-Papua Nugini, PLBN Skouw
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A
Dia menyampaikan, pembangunan itu penting untuk menunjukkan citra yang baik kepada negara tetangga karena PLBN dibangun dengan mewah. Sebab selama ini, daerah perbatasan kurang diperhatikan.
"Selain itu penting sekali karena akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi daerah perbatasan, kan dibangun pasar di sana. Kami bangunnya enggak cuma pos," bebernya.
Sebelumnya pada tahun 2018, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 7 PLBN senilai Rp 944 miliar, yakni PLBN Entikong, PLBN Badau, PLBN Skouw, PLBN Aruk, PLBN Motaain, PLBN Wini, dan PLBN Motamasin.
ADVERTISEMENT
"Kami sudah menyelesaikan pembangunan 7 PLBN sebelumnya. Lihat, sekarang di sana ramai, kami bangun pasar. Sudah bagus," kata Danis.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan