Bisnis
·
15 September 2021 10:14
·
waktu baca 2 menit

Jokowi Bahas Pulihnya Ekonomi Negara Mitra Dagang, Potensi Ekspor Terbuka Lebar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Bahas Pulihnya Ekonomi Negara Mitra Dagang, Potensi Ekspor Terbuka Lebar (1017351)
searchPerbesar
Jokowi memberi sambutan di pabrik Isuzu Astra Motor Indonesia. Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Bukan hanya ekonomi Indonesia yang mulai bangkit di kuartal II 2021, mitra dagang Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan. Misalnya China, Jepang, Amerika Serikat dan India.
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi ingin dunia usaha mengambil peluang ini untuk menggenjot ekspor. Dia mengatakan pasar ekspor untuk Indonesia masih sangat berpotensi.
"Kita punya peluang tumbuh lebih tinggi, potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Mitra dagang kita juga mulai pulih," ujar Jokowi dalam acara UOB Economic Outlook 2022, Rabu (15/9).
Dia menyebut di kuartal II tahun 2021, ekonomi China tumbuh 7,9 persen, AS tumbuh 12,2 persen, Jepang 7,6 persen. Bahkan India tumbuh 20,1 persen.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Peluang ini harus kita manfaatkan untuk dorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya," tuturnya.
Jokowi Bahas Pulihnya Ekonomi Negara Mitra Dagang, Potensi Ekspor Terbuka Lebar (1017352)
searchPerbesar
Suasana aktivitas kendaraan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Jokowi juga berharap pada reformasi struktural bisa memberikan pertumbuhan investasi yang nyata. Salah satunya melalui online single submission (OSS).
"Investasi juga akan tumbuh lebih tinggi dengan berbagai reformasi struktural yang memberikan banyak kemudahan berusaha. Reformasi perizinan juga sudah mulai berjalan melalui OSS berbasis risiko sehingga menciptakan iklim investasi yang makin menarik," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Dia berharap ekonomi Indonesia tumbuh semakin kuat dan berkualitas pasca pandemi. Asalkan semua peluang yang ada di tengah pandemi bisa dimanfaatkan.
"Saya ajak secara sigap, manfaatkan semua peluang, kesehatan masyarakat terjaga, dan ekonomi tumbuh secara berkelanjutan dan merata," tutupnya.