kumparan
13 Maret 2019 21:03

Jokowi: Pasar Ikan Modern Muara Baru Bisa Jadi Contoh Provinsi Lain

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru
Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang akan diresmikan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Perum Perindo
Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru, di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/3). Pasar ikan yang menggunakan konsep modern menjadi akan menjadi contoh bagi pasar ikan lainnya di Indonesia
ADVERTISEMENT
"Sekarang bangunan yang termodern seperti ini ya ini sebetulnya pasar ikan modern untuk seluruh provinsi, supaya sebagai contoh di provinsi-provinsi yang lain (terkait) fasilitas di dalamnya," kata Jokowi di lokasi.
Pasar Ikan Modern Muara Baru memisahkan kios basah (wet market) dengan kios kering (dry market). Untuk kios basah ada 894 kios sedangkan kios kering ada 155 unit. Fasilitas lain yang terdapat di sini yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM, ruang pertemuan dan masjid.
Presiden Joko Widodo, Pasar Ikan Modern Jakarta Utara
Presiden Joko Widodo menyapa warga di Pasar Ikan Modern Jakarta Utara. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
"Untuk cool storagenya, untuk sanitasinya, semuanya itu standar yang memang kita ambil dari standar di Internasional," lanjutnya.
Tak hanya itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta para pedagang pasar agar memakai seragam sehingga tampak rapi. Jokowi ingin mengubah budaya pedagang ikan di Pasar Ikan Modern Muara Baru sebagai bagian untuk mengubah budaya yang ada.
ADVERTISEMENT
"Tapi yang paling penting memang merubah budaya dan nanti (saya) mau minta ke Bu Susi, semua (pedagang) pakai seragam, pakai seragam, tiap hari harus pakai seragam biar semua kelihatan bersih," timpalnya.
Jokowi pun membandingkan kondisi pasar ikan Muara Baru saat ini dengan sebelumnya yang tak terawat. Dia meminta kebersihan pasar sekarang harus dijaga dengan baik.
"Saya membandingkan (kondisi) sebelum dan sesudah (Pasar Ikan Modern Muara Baru), saya berulang kali ke sini, dulu yang jelas bau, sangat becek, enggak bisa pakai sepatu biasa kayak begini, di dalam tidak nyaman," pungkasnya.
Proyek Pasar Ikan Muara Baru dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar Rp 150 miliar. Bangunan berlantai tiga ini dibangun pada Februari 2018 oleh BUMN kontraktor PT PP (Persero) Tbk.
ADVERTISEMENT
Pasar Ikan Modern Muara Bara beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sini konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan