kumparan
27 November 2018 12:04

Jokowi: Penyelesaian Infrastruktur Dipercepat untuk Persiapan Pilpres

Presiden Jokowi saat pidato di acara Kompas 100 CEO Forum di JCC. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Pembangunan berbagai proyek infrastruktur semakin masif. Apalagi, menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2019, berbagai proyek terus dikebut pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan berakhir pada tahun depan.
ADVERTISEMENT
Presiden Jokowi yang juga menjadi calon presiden nomor urut 01, memberikan alasan soal dipercepatnya pengerjaan infrastruktur tersebut. Jokowi mengatakan hal itu untuk persiapan Pilpres 2019.
Sebagai contoh, pemerintah akan mempercepat pembangunan jalan tol Bakauheuni-Palembang sepanjang 350 kilometer. Menurut Jokowi, sebelumnya kontraktor menyanggupi proyek itu selesai pada Juni 2019, namun dia ingin itu dipercepat.
"Saya tawar ke kontraktornya, mbok April, agak maju sedikit ke April gitu biar ada manfaatnya. Manfaat biar kita bisa berlebaran dari Jakarta menuju Palembang naik mobil. Bukan untuk Pemilu. Mikirnya mesti untuk Pemilu pasti. Tapi itu juga (untuk Pemilu)," kata Jokowi yang disambut gelak tawa para tamu yang hadir dalam Acara Kompas 100 CEO Forum di Cenderawasih Room, Jakarta Convention Center, Selasa (27/11).
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Adapun dalam waktu dekat, Presiden Jokowi mengatakan pada bulan Desember 2019 Tol Jakarta-Surabaya akan nantinya sudah tersambung. Sementara untuk Merak-Banyuwanginya masih akhir tahun 2019.
ADVERTISEMENT
"Kemudian Tol TransSumatera. Bakeuheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 Km juga akan kita resmikan di Desember ini," ucap Jokowi.
Pada akhir tahun 2018, Jokowi juga menjanjikan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara akan selesai. Termasuk Makassar New Port pada Januari 2019 juga akan selesai.
"Kita juga akan lihat nanti di akhir 2018 ini pelabuhan besar kita, Kuala Tanjung itu juga akan selesai di Sumatera Utara. Makassar New Port juga nanti Januari 2019 juga insyaallah akan selesai," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan