Bisnis
·
22 September 2020 10:13

Jokowi Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jokowi Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban (18406)
Presiden Joko Widodo. Foto: UGM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas tentang Percepatan Proyek Strategis Pelabuhan Patimban secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/9).
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan agar proyek yang berlokasi di Subang, Jabar tersebut segera diselesaikan. Tentu saja agar ada fasilitas infrastruktur yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi sekitar.
Belum lagi, jika pelabuhan itu bisa dihubungkan dengan infrastruktur lainnya seperti jalan tol hingga Bandara Udara Kertajati.
"Kita harapkan jika pelabuhan ini terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi yaitu pelabuhan Patimban kemudian Bandara Kertajati dan kawasan di Bekasi, Karawang dan Purwakarta sebagai kawasan industri saling terkoneksi mendukung satu dan lain," kata Jokowi.
Jokowi Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban (18407)
Pelabuhan Patimban. Foto: Foto: http://www.ali.web.id
Dengan begitu, menurut Jokowi, daya saing produk ekspor Indonesia bisa meningkat, khususnya bidang otomotif. "Saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pelabuhan Patimban ini," lanjutnya.
Keberhasilan pembangunan infrastruktur tersebut dinilai bisa mempercepat pertumbuhan sentra ekonomi regional hingga memberikan kecepatan pelayanan di bidang logistik. Termasuk juga membuat produk ekspor semakin efisien dan kompetitif.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Jokowi ingin Pelabuhan Patimban saling terhubung dengan pelabuhan-pelabuhan lainnya, seperti Tanjung Priok.
"Saya ingin mengingatkan agar startegi besar arah pengembangan pelabuhan utama yang kita miliki termasuk Patimban, Tanjung Priok dan 28 pelabuhan utama lainnya betul-betul terkonsolidasi," ujarnya.
"Arah ke depan pengembangannya menjadi konkret dan jelas mempunyai segmen yang komplementer saling mengisi," lanjutnya.
Di sisi lain, Jokowi juga berpesan agar dampak percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban pada kehidupan nelayan di sekitarnya diperhatikan. Pemberian bantuan bagi para nelayan yang terdampak harus dipercepat juga.
"Agar betul-betul diperhatikan dampak sosial ekonomi Pelabuhan Patimban bagi nelayan, tolong dilihat betul kalau memliki dukungan sarana dan prasarana untuk kapal misalnya bagi nelayan ini agar KKP bisa memberikan bantuannya pada para nelayan," pungkasnya.
ADVERTISEMENT