Jokowi Puji Keberanian Pemda Ambil Pinjaman untuk Bangun RSUD Kabupaten Konawe

14 Mei 2024 12:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers saat tinjau fasilitas kesehatan di RSUD Kabupaten Konawe, Selasa (14/5/2024). Foto: Vico/Biro Pers Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers saat tinjau fasilitas kesehatan di RSUD Kabupaten Konawe, Selasa (14/5/2024). Foto: Vico/Biro Pers Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Presiden Jokowi menyempatkan diri meninjau fasilitas dan layanan kesehatan di RSUD Kabupaten Konawe. Dalam tinjauannya, Jokowi cukup puas dengan fasilitas kesehatan di sana.
ADVERTISEMENT
"Saya melihat ruangan-ruangannya bagus. Landscape taman juga bagus, sinar matahari juga bisa masuk ke ruangan-ruangan juga bagus," kata Jokowi usai peninjauan, Selasa (14/5).
Hal lain yang disoroti Jokowi adalah cicilan pembangunan RSUD akan segera lunas di tahun ini.
"Dan yang saya senang RS ini dibangun dari pinjaman PT SMI yang dicicil setiap tahun dan tahun ini akan lunas," ungkapnya.
Menurut Jokowi, itu adalah langkah yang berani diambil pemerintah kabupaten yang kekurangan anggaran untuk membangun fasilitas kesehatan.
"Keberanian seperti ini yang saya harus mengapresiasi karena itu menyangkut keberanian kepala daerah untuk membangun daerahnya karena fiskalnya enggak cukup, yang meminjam disiplin anggarannya setiap tahun bisa tercapai itu yang bagus," ujarnya.
Presiden Jokowi saat tinjau fasilitas kesehatan di RSUD Kabupaten Konawe, Selasa (14/5/2024). Foto: Vico/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi juga mengatakan akan segera mengirim sejumlah alat kesehatan seperti mammogram, CT scan, dan cath lab ke RSUD Kabupaten Konawe.
ADVERTISEMENT
"Saya ingin melihat dan Pak Menteri (Menkes Budi Gunadi Sadikin) ingin melihat kesiapan SDM, kesiapan spesialis, kesiapan ruangannya dan tadi beliau Pak Bupati sudah menyiapkan, Pak Gubernur akan menyiapkan tugas dari pemerintah pusat untuk mengirimkan alat-alat yang sangat mahal tadi untuk memperbaiki pelayanan di bidang kesehatan," katanya.