kumparan
13 Februari 2018 20:24

Jonan Targetkan Papua dan Papua Barat Terang Benderang di 2020

Ignasius Jonan Resmikan PLTMH Warabiai Sausapor (Foto: Wiji Nurhayat/kumparan)
Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menggenjot rasio elektrifikasi di Bumi Papua. Menteri ESDM Ignasius Jonan menginginkan Papua dan Papua Barat sudah terang benderang di tahun 2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Kalau Papua dan Papua Barat, sampai akhir tahun lalu di Papua saja sekitar 62%, memang daerah ya tidak mudah tapi kita coba. Sedangkan di Papua Barat sudah 86% tetapi kita terus dikerjakan. Papua dan Papua Barat bisa 99% di 2020," ungkap Jonan saat ditemui usai meresmikan PLTMH Warabiai Sausapor di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Selasa (13/2).
Ada dua cara yang akan dilakukan Kementerian ESDM untuk menambah rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat. Pertama adalah dengan membangun pembangkit listrik ramah lingkungan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Di samping itu, Jonan akan rutin membangikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).
ADVERTISEMENT
Program pembagian LTSHE sudah tahun lalu dan dilanjutkan tahun ini. Pada tahun 2017 lalu, program ini lebih difokuskan untuk pemasangan di wilayah Indonesia Timur dan salah satunya di Provinsi Papua Barat. Anggaran yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM untuk program LTSHE pada tahun 2017 adalah Rp 290 miliar, dengan target calon penerima 79 ribu penerima/rumah.
Sedangkan untuk Kabupaten Tambrauw sendiri telah mendapatkan alokasi 529 unit LTSHE untuk 529 rumah/fasum. LTSHE akan dibagikan merata di 5 (lima) kecamatan/distrik di 12 (dua belas) Desa.
Komponen Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (Foto: Resya Firmansyah/kumparann)
"Kalau di daerah terpencil, tolong Pak Bupati kirim ke saya, nanti saya berikan lagi (lampu hemat energi)," imbuhnya.
Sementara itu di tempat yang sama, Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi ESDM Rida Mulyana mengaku jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan LTSHE naik 2 kali lipat tahun ini menjadi Rp 600 miliar. Setelah Kabupaten Tambrauw, pihaknya juga akan membagikan ke Kabupaten Asmat.
ADVERTISEMENT
"Tahun ini anggaran sekitar Rp 600 miliar lampu LTSHE. Setelah ini langsung saya mau berangkat ke Asmat, mau bagikan LTSHE juga," sebut dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan