Bisnis
·
27 Juli 2021 10:41
·
waktu baca 2 menit

Jusuf Hamka Buka Kontrak Proyek Tol: Akan Dapat Pinjaman Lagi dari Bank Syariah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jusuf Hamka Buka Kontrak Proyek Tol: Akan Dapat Pinjaman Lagi dari Bank Syariah (388499)
searchPerbesar
Jusuf Hamka, pemilik Masjid Babah Alun Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka, membuka kontrak pembiayaan proyek tol yang didapat perusahaannya dari sindikasi bank syariah. Hal ini sempat memicu polemik, setelah Jusuf Hamka mengaku diperas bank syariah saat hendak melunasi pinjamannya.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga mengundang perhatian mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, yang meminta Jusuf Hamka buka-bukaan kontrak pembiayaan yang didapatnya dari bank syariah.
"Kita tidak bisa bicara dulu, 'Wah bank syariah jelek seperti ini'. Lho apa isi perjanjiannya? Kalau isi perjanjiannya ada seperti itu, bahwa cicilannya harus sesuai waktu, ya tidak bisa begitu (pelunasan lebih cepat) dong," kata Jusuf Kalla dalam perbincangan dengan kumparan, Minggu (25/7) malam.
Jusuf Hamka pun mengungkap kontrak pembiayaan yang diperoleh perusahaannya dari bank syariah. Dia menjelaskan, PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), pada 2016 mendapat kucuran pembiayaan sebesar Rp 834 miliar.
Jusuf Hamka Buka Kontrak Proyek Tol: Akan Dapat Pinjaman Lagi dari Bank Syariah (388500)
searchPerbesar
Persimpangan Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/11/2018). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Dana sebesar itu, menurutnya berasal dari sindikasi 7 bank syariah untuk proyek pembangunan jalan tol Soreang–Pasirkoja Bandung (Soroja).
ADVERTISEMENT
"PT CMLJ mendapatkan fasilitas pembiayaan sindikasi senilai Rp 834 miliar, dengan akad pembiayaan Al Murabahah (akad pembiayaan jual beli) dengan indikasi yield/marjin setara 11 persen, tenor 14 tahun (168 bulan)," papar Jusuf Hamka dalam pernyataan tertulis yang diterima kumparan, Selasa (27/7).
Penjelasan soal kontrak pembiayaan proyek tol tersebut, disampaikan Jusuf Hamka dalam pernyataan klarifikasi terkait tudingan diperas bank syariah. Mengklarifikasi hal itu, dia pun mengungkapkan mendukung penuh perbankan syariah.
Bahkan selain pembiayaan proyek Tol Soroja, pihaknya juga akan mendapatkan fasilitas pembiayaan perbankan syariah untuk proyek infrastruktur jalan tol lainnya, dengan nilainya juga cukup besar.
"Kami mendukung sepenuhnya perbankan syariah dan saat ini kami telah menggunakan pembiayaan dari bank syariah untuk pembangunan infrastruktur jalan tol di Bandung dan kami juga akan mendapatkan fasilitas pembiayaan perbankan syariah untuk proyek infrastruktur jalan tol lainnya yang nilainya juga cukup besar," tulis Jusuf Hamka.
ADVERTISEMENT