Bisnis
·
22 September 2020 12:35

Kapan BLT Subsidi Gaji Tahap 4 Ditransfer? Ini Kata Menaker

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapan BLT Subsidi Gaji Tahap 4 Ditransfer? Ini Kata Menaker (23505)
Ilustrasi Uang Rupiah. Foto: Getty Images
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan BLT subsidi gaji telah ditransfer ke 8,5 juta pekerja per 18 September 2020. Dengan mekanisme penyaluran yang sudah berjalan sebanyak tiga tahap.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah, penyaluran bantuan subsidi upah bagi para pekerja telah berjalan dengan baik. Dari tahap I sampai tahap III penyalurannya sudah mencapai angka 8.534.217 orang atau sekitar 94,82 persen dari total 9 juta orang penerima," ujar Menaker Ida melalui keterangan tertulis, Selasa (22/9).
Sementara untuk subsidi gaji tahap keempat, menurut Ida, Kemnaker telah menerima data 2,8 juta calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, data tersebut tengah diverifikasi untuk memastikan kelayakan penerima.
Kapan BLT Subsidi Gaji Tahap 4 Ditransfer? Ini Kata Menaker (23506)
Menaker Ida Fauziyah memberikan usai menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penerima Bantuan Pembangunan Gedung Workshop dan Peralatan Pelatihan Vokasi Balai Latihan Kerja Komunitas Tahap I Tahun 2020 di Kantor Kemnaker, Jakarta. Foto: Kemnaker
Mengenai kapan bantuan tersebut sampai ke pekerja, Ida menjelaskan, pihaknya membutuhkan waktu paling lama 4 hari kerja untuk melakukan proses verifikasi ini.
"Untuk penyaluran tahap IV kita lakukan secepatnya, apabila proses check-list yang membutuhkan waktu paling lama 4 hari kerja telah selesai. Jadi, jika minggu kemarin data diserahkan ke kami pada hari Rabu, maka proses check-list maksimal selesai hari ini (Selasa)," jelas Ida.
ADVERTISEMENT
Setelah proses tersebut selesai, data selanjutnya diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji tahap IV tersebut kepada Bank Penyalur, yakni bank yang masuk menjadi anggota Himbara.
"Selanjutnya, bank-bank himbara akan menyalurkan uang subsidi upah ke rekening penerima secara langsung. Baik itu rekening bank sesama Himbara, maupun rekening bank swasta lainnya," sambungnya.
Ida kembali mengingatkan agar para pekerja yang telah terdaftar sebagai penerima mengecek nomor rekening yang telah diberikan. Hal itu penting untuk menghindari kemungkinan gagal transfer lantaran rekening yang didaftarkan salah atau tidak aktif.