kumparan
12 Februari 2018 12:18

Kekesalan Susi Saat Membuka Forum Bisnis yang Lebih Mirip Seminar

Menteri KKP Susi Pudjiastuti
Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hari ini menggelar Marine and Fisheries Business and Investment Forum. Acara yang bertemakan peran jasa logistik dalam mendukung pengembangan industri perikanan nasional ini dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Susi protes karena acara ini lebih mirip seminar ketimbang forum bisnis. Susi tak ingin forum ini hanya jadi diskusi saja tanpa aksi untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan.
"Sampai hari ini, pagi ini, lebih kepada kayak seminar. Sudah banyak seminar, saya ingin to do something. Setting-nya (duduknya) enggak jauh-jauh, kenapa enggak akrab dekat. Ini forum to trigger, to encouraging dan business to take a place. Mohon maaf kalau saya komplain pagi ini," kata Susi saat memberikan sambutan di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Senin (12/2).
Menurut Susi, harusnya acara forum bisnis menjadi ajang untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada di sektor kelautan dan perikanan.
"Pemerintah mencoba memperbaiki ekonomi Kelautan dan Perikanan dengan policy dan itu sudah bergerak. Namun, masalah masih banyak. Karena bisnisnya belum terkoneksi," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ia menambahkan, forum bisnis yang diselenggarakan KKP harus bisa mendorong investasi di sektor perikanan dan kelautan.
"Yang jelas keinginan saya dari dulu, KKP bisa memutarkan ekonomi kelautan dan perikanan. Dan kita trigger dari budget yang ada di KKP. Supaya stakeholder tahu ada berapa cold storage yang dibangun oleh KKP, dan ada berapa kapal yang ingin dibuat dan diberikan oleh stakeholder, oleh perikanan tangkap," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan