Kemenhub Masukkan Proyek KA Makassar-Parepare Jadi Prioritas di 2022

9 Februari 2022 14:12
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kemenhub Masukkan Proyek KA Makassar-Parepare Jadi Prioritas di 2022 (75768)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rel kereta. Foto: Ari Bowo/Antara
ADVERTISEMENT
Pengerjaan proyek Kereta Api Makassar-Parepare bakal menjadi proyek prioritas perkeretaapian atau major project Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di 2022. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengungkapkan di tahun 2022 pihaknya ingin memperkuat infrastruktur untuk mendukung pemulihan ekonomi.
ADVERTISEMENT
Selain Kereta Api Makassar-Parepare, major project atau yang menjadi prioritas di 2022 adalah Kereta Api Kecepatan Tinggi Pulau Jawa, tepatnya di Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung, dan Sistem Angkutan Umum Massal Perkotaan.
“Dalam mendukung pengembangan ekonomi dan reformasi birokrasi pelayanan dasar melalui proyek Kereta Api Makassar-Parepare, Kereta Cepat Pulau Jawa, dan sistem angkutan umum massal perkotaan di enam wilayah metropolitan,” kata Zulfikri saat rapat dengan Komisi V DPR, Rabu (9/2).
Dukungan terhadap Kereta Api Makassar-Parepare termasuk dengan pembangunan jalur segmen Marros-Kabupaten Barru sepanjang 59,6 km dan menyiapkan sidding Kereta Api Mangilu-Tonasa 1,5 km.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Rencananya jalur Makassar-Parepare bakal dioperasikan tahun ini. Jalur tersebut tidak sepenuhnya bakal digarap pemerintah. Rencananya akan dilakukan melalui Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU.
ADVERTISEMENT
Adanya jalur Kereta Api Makassar-Parepare menunjukkan kalau wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) cukup strategis. Apalagi, Kereta Api Makassar-Parepare tak hanya fokus ke penumpang orang, tetapi juga barang.
Untuk dukungan ke sistem angkutan umum massal perkotaan aman dibangun di beberapa wilayah yaitu aglometasi Mibidangro, Bandung Raya, dan Jabodetabek. Sementara Kereta Cepat Pulau Jawa ada di Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung.
“Kami sudah melakukan penataan emplasemen Stasiun Padalaran dan Stasiun Bandung untuk konektivitas KCJB antara Stasiun Padalarang-Stasiun Bandung, pendampingan pelaksanaan perancangan dasar jalur kereta api tambahan Jakarta-Surabaya, dan fasilitas operasi Stasiun Padalarang,” tutut Zulfikri.