Kesan Destry Damayanti Saat Pertama Kali Ikuti RDG BI

22 Agustus 2019 16:39
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kesan Destry Damayanti Saat Pertama Kali Ikuti RDG BI (263431)
zoom-in-whitePerbesar
Perry Warjiyo (kiri) dan Destry Damayanti. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Destry Damayanti baru saja diangkat menjadi Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) periode 2019-2024. Destry menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya yang telah berakhir pada 25 Juli 2019.
ADVERTISEMENT
Itu artinya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang digelar pada 21-22 Agustus 2019 adalah kali pertama Destry mengikuti RDG.
Perempuan yang pernah menjabat sebagai Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) itu mengaku grogi atas tanggung jawab baru yang diembannya. Pasalnya, kini ia berada di posisi regulator, tidak seperti sebelumnya sebagai pelaku lapangan.
"Saya biasa di Maret deg-dengan menunggu hasil di BI, ternyata di dalam luar biasa, menggodok bahan sampai detail," ujar Destry selepas pengumuman hasil RDG BI Agustus 2019 di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/8).
Kesan Destry Damayanti Saat Pertama Kali Ikuti RDG BI (263432)
zoom-in-whitePerbesar
Destry Damayanti. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Tak hanya itu, Destry juga mengaku beruntung atas posisinya saat ini. Sebab, ada integritas tinggi di lingkungan tempatnya sampai lima tahun ke depan.
"Saya melihat integritas sangat tinggi dari teman-teman BI. Beruntung masuk ke lembaga dengan reputasi bagus," kata dia.
ADVERTISEMENT
Di kesempatan sama, Gubernur BI Perry Warjiyo pun merespons. Ia mengucapkan 'selamat datang' kepada Destry.
"Welcome to the club," ucap Perry yang diiringi tepuk tangan dan riuh tawa para gubernur BI lainnya.
Pengangkatan Destry Damayanti ditetapkan oleh Komisi XI DPR RI. Keputusan yang diambil komisi keuangan dan industri perbankan itu secara penuh atau aklamasi.
Sebelum menetapkan keputusan tersebut, Komisi XI terlebih dahulu melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Destry pada 1 Juli 2019.