kumparan
search-gray
Bisnis30 Juli 2020 17:39

Kredit Modal Kerja ke UMKM yang Disalurkan Bank BRI Sudah Capai Rp 24 Triliun

Konten Redaksi kumparan
Kredit Modal Kerja ke UMKM yang Disalurkan Bank BRI Sudah Capai Rp 24 Triliun (929371)
Petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (27/11). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendapatkan penempatan dana Rp 10 triliun dari pemerintah untuk kredit modal kerja UMKM yang terdampak virus corona.
ADVERTISEMENT
Kepala Divisi Bisnis Mikro Bank BRI, Made Antara Jaya, mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan penyaluran kredit dari dana tersebut.
"Bank Himbara mendapat penempatan sebanyak Rp 30 triliun. Sedangkan BRI mendapatkan Rp 10 triliun dalam jangka 3 bulan harus tersalurkan kepada nasabah UMKM di bawah Rp 10 miliar, 3 kali lipat," kata Made saat konferensi pers secara virtual di Youtube Kemenkop UKM, Kamis (30/7).
Menurut Made, sejak mendapatkan penugasan tersebut BRI sudah bergerak menyalurkannya. Made mengungkapkan dari angka Rp 10 triliun tersebut per 29 Juli 2020, penyaluran kredit BRI sudah mencapai Rp 24 triliun.
"Kredit yang kami relaksasi Rp 24 triliun. Kalau 3 bulan ke depan kan harusnya sampai September, tetapi kami baru berjalan sebulan kami sudah menyalurkan dari Rp 10 triliun sudah Rp 24 triliun. Artinya sudah pencapaian kami sudah 240 persen," ungkap Made.
Kredit Modal Kerja ke UMKM yang Disalurkan Bank BRI Sudah Capai Rp 24 Triliun (929372)
com-Bank BRI yang memiliki komitmen untuk fokus terhadap pemberdayaan UMKM. Foto: dok. BRI
Made mengatakan kredit tersebut mayoritas diberikan kepada usaha mikro. Ia merinci, dari angka Rp 24 triliun itu penyalurannya di kredit mikro mencapai Rp 18 triliun, kredit kecil Rp 4,8 triliun, dan sisanya disalurkan ke kredit menengah.
ADVERTISEMENT
"KUR mikro kami plafonnya sampai Rp 50 juta, sedangkan kredit mikro kami plafonnya sampai Rp 250 juta. Jadi dominan Rp 24 triliun kami salurkan ke nasabah UMKM," katanya.
Made berharap stimulus yang diberikan tersebut bisa membangkitkan UMKM yang terdampak virus corona. Apalagi, nasabah di Bank BRI mayoritas adalah UMKM nasabah mikro yang mencapai hampir 10,3 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white