Krisis Batu Bara, Erick Thohir Copot Direktur Energi Primer PLN

6 Januari 2022 13:42
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Krisis Batu Bara, Erick Thohir Copot Direktur Energi Primer PLN (3639)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menteri BUMN Erick Thohir resmi mencopot Direktur Energi Primer PLN, Rudy Hendra Prastowo, imbas krisis batu bara yang terjadi di perseroan. Erick kemudian menunjuk Hartanto Wibowo untuk mengisi posisi tersebut.
ADVERTISEMENT
"Saya juga sudah minta sama Hartanto untuk memastikan hal-hal yang kita alami seperti ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Erick Thohir di Kementerian BUMN, Kamis (6/1).
Erick sangat menyayangkan krisis batu bara bisa terjadi pada PLN. Padahal Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam termasuk salah satunya batu bara.
“Banyak negara yang enggak punya sumber daya alam tapi tidak mengalami krisis energi. Artinya adanya sesuatu yang harus kita perbaiki,” ujarnya.
Menurut Erick, isu ketersediaan stok batu bara sudah pernah dibicarakan pada Januari 2021 lalu. Saat itu menurut Erick, PLN juga menghadapi situasi yang sama yaitu kekurangan pasokan batu bara karena terjadinya badai la nina yang menyebabkan pengiriman terhambat.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dengan kata lain, menurut Erick, krisis semacam ini merupakan sebuah siklus berulang yang seharusnya sudah bisa diantisipasi. Sayangnya Erick menilai bahwa PLN telah gagal melakukan antisipasi tersebut. Hal ini dinilai sebagai sebuah kesalahan besar.
"Kalau kita sebagai negara punya sumber daya alam besar, enggak punya rencana apalagi enggak menjaga untuk tidak menjadi krisis ini adalah kesalahan besar," ujarnya.
Krisis Batu Bara, Erick Thohir Copot Direktur Energi Primer PLN (3640)
zoom-in-whitePerbesar
Bongkar muat batu bara di area pengumpulan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menurut Erick, tidak mungkin pembangunan ekonomi dilakukan tanpa adanya listrik. Untuk itu Erick memastikan, direktur yang baru akan segera bertindak dalam waktu 1 sampai 2 hari ke depan.
"Untuk itu saya mengganti dan saya akan pastikan dalam satu dua hari ke depan saudara Hartanto melakukan perbaikan-perbaikan," katanya.
Rudy Hendra Prastowo Diangkat sebagai Direktur Energy Primer PT. PLN (Persero) berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor SK-147/MBU/05/2020 tanggal 14 Mei 2020 dan Nomor SK-49/MBU/02/2021, tanggal 17 Februari 2021 tentang perubahan nomenklatur jabatan dari Direktur Energy Primer menjadi Direktur Energi Primer.
ADVERTISEMENT
Selama berkarier di PT PLN (Persero), Rudy Hendra Prastowo dipercaya menduduki untuk beberapa jabatan antara lain General Manager Pusat Sertifikasi tahun 2016-2017, Kepala Divisi Operasi Regional Kalimantan tahun 2017-2018, Direktur Utama PT PLN Batubara (Anak Perusahaan PLN) tahun 2018-2020.