kumparan
22 Oktober 2018 17:32

Lelang Blok Migas Tahap II: 6 Blok Ditawarkan, Hanya 2 yang Laku

Wamen ESDM, Arcandra Tahar
Wamen ESDM, Arcandra Tahar (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)
Kementerian ESDM mengumumkan hasil lelang Wilayah Kerja (WK/blok) migas tahap II 2018. Dari 6 blok yang ditawarkan, hanya 2 yang laku, yaitu Blok South Jambi B yang merupakan WK produksi dan Blok Banyumas yang merupakan WK eksplorasi.
ADVERTISEMENT
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, pemenang lelang Blok South Jambi B adalah PT Hong Kong Jindi Group. Perusahaan memberikan Komitmen Kerja Pasti 5 tahun sebesar USD 60 juta. Sementara bonus tanda tangan USD 5 juta.
“Yang kedua, Blok Banyumas dimenangkan oleh PT Minarak Brantas Gas. Komitmen Pasti Eksplorasi USD 4 juta dan bonus tanda tangan USD 500 ribu,” kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (22/10).
Dengan begitu, total Bonus Tanda Tangan (Signature Bonus) yang diperoleh pemerintah sebesar USD 5,5 juta dan Komitmen Pasti sebesar USD 64 juta yang meliputi kegiatan G&G USD 1 juta, Survei Seismik 2D 300 km, Seismik 3D 400 km2 dan pemboran 4 sumur.
ADVERTISEMENT
Arcandra mengatakan, sebenarnya dari 6 blok yang dilelang sejak 14 Agustus 2018 hingga 12 Oktober 2018 itu, ada 18 dokumen penawaran yang diakses. Hingga batas akhir, ada 5 perusahaan yang berminat pada empat blok yang ditawarkan. Lalu, pemerintah memutuskan hanya dua perusahaan mendapatkan dua blok.
Keempat blok yang diminati itu adalah Makassar Strait, Selat Panjang, South Jambi B, dan Banyumas. Sementara Southeast Mahakam dan Andika Bumi Kita tak ada peminatnya. Blok yang belum mendapatkan pemenang akan kembali dilelang tahun ini.
“Kita akan masukkan ke lelang tahap III tahun ini yang akan dibuka minggu depan,” jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan