com-Ilustrasi seorang wirausaha

Mau Dapat Pendanaan Bisnis? Bos Lemonilo Beri Tips Jaga Relasi dengan Investor

30 September 2022 9:10
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
com-Ilustrasi seorang wirausaha Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi seorang wirausaha Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Pelaku usaha perlu memperhatikan peluang pendanaan dari perusahaan modal ventura. Pembiayaan modal ventura diberikan oleh investor, sehingga investor memiliki hak terlibat dalam bisnis pelaku usaha.
ADVERTISEMENT
Co-Founder Lemonilo Johannes Adriant menuturkan, ia bersama co-founder lain awalnya mencari pendanaan modal ventura sejak tahun 2015, namun bisnis yang dibangun adalah startup kesehatan. Pada saat itu, investor tidak percaya dengan startup tersebut.
“Satu hal yang dilakukan ke investor adalah tetap mengobrol dan bertanya. Kami juga bertanya strategi marketing digital, dan akhirnya mereka investasi di tahun 2017,” ujar Johannes dalam kumparan Master Class Batch 3, Kamis (29/9).
Saat menemui investor, lanjut Johannes, pihaknya menekankan visi Lemonilo yaitu menggantikan semua produk di Indonesia dengan yang lebih sehat.
Kumparan Master Class Batch 3 bersama Co-Founder Lemonilo Johannes Ardiant. Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Kumparan Master Class Batch 3 bersama Co-Founder Lemonilo Johannes Ardiant. Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
“Karena visi kami sejauh itu, tentu butuh pendanaan tidak sedikit. Kami bilang butuh dana sekian, dan sejauh mana bisnisnya. Kalau pelaku usaha punya ambisi skala internasional, butuh dana yang jauh lebih besar,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Ketika berhadapan dengan investor, Johannes menyarankan untuk tidak sok tahu dan memahami bahwa pelaku usaha tidak tahu semuanya. Namun, ia menekankan pelaku usaha jangan tidak tahu sama sekali mengenai rencana perkembangan bisnis.
“Kami datang dengan sikap seperti itu, dan bangun relasi. Kalau investor tidak investasi, tidak apa-apa,” katanya.
Pelaku usaha sebaiknya mengabarkan progres perkembangan usahanya kepada investor. Ketika waktunya tepat, lanjut Johannes, investor akan melihat perjalanan sejak awal hingga usahanya jatuh bangun.
“Mereka tahu kita founder yang tidak menyerah, terus mencoba sampai ketemu product market fit. Tetap buka komunikasi, mereka tahu kita pengusaha seperti apa,” sambungnya.
Usaha mencari pendanaan Lemonilo membuahkan hasil. Produsen mi instan sehat ini berhasil memperoleh pendanaan besar dari Alpha JWC Ventures dan Unifam Capital sejak tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Lemonilo juga mendapatkan pendanaan seri C senilai USD 36 juta atau sekitar Rp 516,2 miliar yang dipimpin oleh Sofina Ventures SA dan Sequoia Capital India.
****
Festival UMKM kumparan hadir kembali! Nantikan keseruannya di tanggal 25 - 27 Oktober 2022