News
·
22 April 2020 16:13

Melihat Peluang Bisnis Ternak Lele di Tengah Pandemi Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melihat Peluang Bisnis Ternak Lele di Tengah Pandemi Corona  (63977)
Peluang bisnis ternak lele di tengah pandemi COVID-19. Foto: Dok. Donny Pasaribu
Pandemi corona terus menggerus dunia perekonomian. Salah satu imbasnya adalah pemecatan karyawan. Mau tak mau, mereka harus mencari peluang baru untuk menambah penghasilan. Nah, salah satunya adalah usaha ternak lele.
ADVERTISEMENT
Donny Pasaribu (40), CEO Simbiofish, kurang lebih satu tahun mengembangkan aplikasi yang mempertemukan peternak dan pembeli lele di Jabodetabek. Aplikasi tersebut bernama Simbiofish.
"Dari Agustus 2019 sudah launching. Tujuannya untuk urban farming, seperti pengangguran atau nambah penghasilan," ungkapnya kepada kumparan, Rabu (22/4).
Melihat Peluang Bisnis Ternak Lele di Tengah Pandemi Corona  (63978)
Peluang bisnis ternak lele di tengah pandemi COVID-19. Foto: Dok. Donny Pasaribu
Ia tak menampik jika permintaan lele turun di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, frozen food menjadi peluang baru bagi peternak lele.
"Kalau sebelumnya itu yang beli pedagang pecel lele. Karena mereka pulang kampung, malah industri rumahan seperti lele bumbu kuning banyak," tambahnya.
Selain itu, harga pasaran lele juga naik karena produk olahan tersebut. Biasanya yang satu kilogram dihargai Rp 26 ribu, karena sudah diolah menjadi Rp 52 ribu per kilogram.
Melihat Peluang Bisnis Ternak Lele di Tengah Pandemi Corona  (63979)
Peluang bisnis ternak lele di tengah pandemi COVID-19. Foto: Dok. Donny Pasaribu
Ia menambahkan, aplikasinya mulai dilirik masyakarat di tengah pandemi corona. Sebab, ada kenaikan drastis dari jumlah pengguna.
ADVERTISEMENT
"Sekitar 200 orang, itu signifikan. Biasanya sehari satu, dua, gitu," jelasnya.
Hingga kini, sekitar 2.400 orang telah menjadi mitranya. Hanya saja, ia baru bisa membantu peternak yang berada di Jabodetabek. Untuk di luar wilayah tersebut, ia hanya membantu mempertemukan peternak dan pembeli tanpa melalui aplikasi.
"Lagi dibikin database warung pecel agar ke depannya penjual pecel bisa order dari aplikasi, Disusun juga supply and demand agar harga stabil," ungkapnya.
Meski begitu, harus ada modal tersendiri untuk gabung dalam aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi tersebut hanya menyediakan tata cara beternak lele dan layanan pembelian bibit dan pakan.