Mendag Terbitkan Izin Impor Gula, Daging Sapi, hingga Bawang Putih di 2022

18 Januari 2022 19:59
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mendag Terbitkan Izin Impor Gula, Daging Sapi, hingga Bawang Putih di 2022 (101193)
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau pasar. Foto: Dok. Mendag
ADVERTISEMENT
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan telah mengeluarkan izin impor tiga komoditas pangan, yaitu gula, daging sapi, serta bawang putih. Menurutnya, izin impor dikeluarkan agar kebutuhan dalam negeri tercukupi.
ADVERTISEMENT
“Kalau terjadi kenaikan harga, kita punya stok yang cukup untuk kepentingan nasional,” ujar Lutfi dalam Outlook Perdagangan 2022 Virtual, Selasa (18/1).
Meski demikian, Lutfi enggan menjelaskan detail jumlah atau volume impor ketiga komoditas tersebut. “Saya tidak bisa menyebutkan persis jumlah impor sapi, karena di pasar tradisional juga sedang naik,” katanya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Lutfi menambahkan, komoditas tersebut sudah siap memasuki market Indonesia. Bahkan, komoditas akan dikirim menuju pelabuhan Indonesia minggu depan, atau akhir Januari ini.
Di lain sisi, ekonom Universitas Indonesia, Prof Mohamad Ikhsan, mengingatkan pemerintah harus mewaspadai pada triwulan pertama tahun ini.
Mitigasi yang disarankan Prof Mohamad, yaitu stok pangan diperbanyak. Keran impor pangan dibuka agar harga pangan dalam negeri tetap stabil.
ADVERTISEMENT
"Ke depan, cuaca mengindikasi faktor harga. Kalau Desember hingga Februari hujan terus menerus, waspadai volatile food (harga bergejolak/pangan) pada triwulan pertama," tuturnya.