Mengenal VONA, Brand Lokal yang Mampu Bersaing di Pasar Global berkat LazMall

27 April 2022 20:28
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal VONA, Brand Lokal yang Mampu Bersaing di Pasar Global berkat LazMall (29002)
zoom-in-whitePerbesar
VONA, brand lokal yang mengembangkan bisnisnya di Lazada. Foto: Youtube/#LazadaClub Indonesia
Semakin banyak brand lokal yang menunjukkan jati dirinya di pasar global. Selain menghadirkan berbagai inovasi dalam produk-produknya, kehadiran e-commerce kian memudahkan brand lokal untuk tumbuh secara berkelanjutan.
Hal itu dibuktikan oleh VONA, merek fesyen yang mengeluarkan ragam produk berbahan dasar kulit sintesis. Berkat kanal LazMall di Lazada, VONA berhasil menjual tas, sepatu, dan dompet kulit hingga mancanegara.
Deretan promo dan kampanye yang diadakan Lazada —seperti Lazada 11.11 dan 12.12— pun kian mendongkrak penjualan mereka. Tak tanggung-tanggung, pendapatannya naik 20 kali lipat saat VONA mengikuti program di Lazada.
Violetta Affandi dan Fejri Muzakky merupakan dua nama yang ada di balik kesuksesan VONA. Bermula dari keinginan pasangan ini untuk memulai hal baru, VONA justru membuat keduanya menjadi entrepreneur muda.
Mengenal VONA, Brand Lokal yang Mampu Bersaing di Pasar Global berkat LazMall (29003)
zoom-in-whitePerbesar
Berkat kanal LazMall di Lazada, VONA berhasil menjual tas, sepatu, dan dompet kulit hingga mancanegara. Foto: Youtube/#LazadaClub Indonesia
Mereka mulai mempelajari teknis desain secara otodidak, mempelajari tipe tas, teknik menjahit, memilih material yang bagus, dan akhirnya melahirkan VONA dengan bantuan para pengrajin di Bali di tahun 2013. Fejri mengatakan, awalnya ia membangun VONA dengan mode bisnis berdasarkan preferensi pribadi. Namun, Fejri segara menyadari bahwa kita perlu melihat hal-hal yang disukai konsumen untuk mengembangkan bisnis.
"Tapi saya menyadari bahwa tidak semua hal yang saya sukai sejalan dengan permintaan konsumen. Setelah melalui proses trial and error, dan memahami keinginan pasar, kini kami bangga dapat memberikan produk yang dibutuhkan dan dicari oleh konsumen. Saat ini VONA mampu mencapai rata-rata 200-300 penjualan per hari di Lazada, dan bahkan bisa mencapai ribuan penjualan di saat ada promo," katanya.
Mengenal VONA, Brand Lokal yang Mampu Bersaing di Pasar Global berkat LazMall (29004)
zoom-in-whitePerbesar
Berkat Lazada, Violetta mampu mengembangkan VONA hingga ke pasar global. Foto: dok. Lazada
Perjalanan bisnis VONA tentu tidak selalu berjalan mulus. Saat awal menjalani bisnisnya, mereka kerap menerima kritik dari para konsumen baik dari sisi desain maupun harga. Tapi, kritik tersebut tidak membuatnya patah semangat, tetapi justru menjadi pendorong untuk membuktikan ke konsumen bahwa produk lokal sudah siap bersaing dengan produk luar negeri.
"Berdasarkan pengalaman saya selama delapan tahun menjalani bisnis ini, saya belajar untuk menciptakan produk simple namun timeless dan berbahan dasar premium. Sehingga produk yang kami tawarkan tidak hanya menarik, namun dapat digunakan oleh konsumen dengan rentang umur yang lebih luas," tambah Violetta.
Menurut Violetta, kemauan yang kuat untuk terus belajar dan mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan ekonomi dapat membuat para pelaku usaha memahami pola belanja konsumen. Sehingga, setiap brand mampu menghadirkan produk yang dapat dijual pada situasi dan waktu yang tepat.
"Apalagi setelah brand kami masuk di LazMall, kami ingin VONA dikenal sebagai brand lokal pilihan yang berkualitas, terpercaya dan mampu bersaing dengan brand luar negeri," lanjutnya.

Komitmen Lazada Dukung Brand Lokal #NaikKeLaz

Sebagai e-commerce yang menaungi lebih dari 18 ribu brand nasional maupun internasional, Lazada terus berkomitmen untuk memberikan akses dan kemudahan bagi para pelaku bisnis Tanah Air untuk memperluas pasar.
SVP Seller Operations, Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, mengatakan bahwa Lazada dapat menjadi solusi menyeluruh bagi brand dan penjual untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya. Cara ini juga merupakan bentuk dukungan Lazada dalam pertumbuhan transformasi digital di Indonesia.
"Lazada menawarkan pengalaman berjualan online yang lengkap dan dan efisien untuk para seller, mulai dari proses pendaftaran yang mudah, program penjual baru yang terstruktur, pelatihan dan pembelajaran komprehensif, dasbor data penjualan yang lengkap, hingga komunitas penjual di Lazada yang akan mendukung bisnis berdiri dan berjualan," katanya.
Haikal menambahkan, pihaknya bangga bahwa brand lokal seperti VONA dapat menjadi bagian dari kanal LazMall. Kesuksesan VONA membuktikan bahwa bisnis lokal pun mempunyai potensi besar untuk beradaptasi dan bersaing dengan banyak brand internasional lainnya di Lazada.
"Oleh karena itu, kami selalu mendorong para penjual kami untuk selalu bersemangat dalam belajar dan berinovasi, serta memanfaatkan setiap fitur yang kami miliki agar dapat naik kelas. Kami harap kesuksesan VONA dapat menjadi inspirasi penjual dan brand lokal lainnya untuk terus #NaikKelaz dan tumbuh bersama kami," pungkas Haikal.
Simak cerita inspiratif lain dari para UMKM yang bergabung di Lazada melalui kanal Youtube #LazadaClub Indonesia. Jika Anda memiliki usaha yang ingin #NaikKeLaz seperti VONA, cukup luangkan waktu 5 menit untuk mendaftar di lzd.co/menjadiseller, dan bersiaplah untuk tumbuh besar bersama Lazada.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada