kumparan
8 September 2019 18:39

Menhub Mau Sediakan 100 Mobil Listrik untuk Instansinya

Kendaraan Listrik di Bandara Soetta
Kendaraan Listrik di Bandara Soetta. Foto: Dok. PT Angkasa Pura II
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal melakukan pengadaan sekitar 100 unit mobil listrik. Nantinya jajaran eselon I dan II Kemenhub, termasuk Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, akan menggunakan mobil listrik itu.
ADVERTISEMENT
"Eselon II, eselon I, dan saya juga, saya juga pakai (mobil listrik)," kata Budi Karya di Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (8/9).
Menurut dia, pengadaan mobil listrik tersebut akan melalui perusahaan leasing. Budi Karya belum mau menyebutkan merek dan anggaran yang bakal digelontorkan Kemenhub.
"(Kisaran anggaran yang dialokasikan) enggak hafal, nanti disampaikan," sebutnya.
Menhub, Budi Karya Sumadi di Kemenkopolhukam
Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi di Kemenkopolhukam. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Budi Karya menambahkan, rencananya pengadaan mobil listrik itu direalisasikan pada Desember tahun ini. Budi Karya yang akan menggunakannya lebih dulu.
"Mungkin Desember 2019. Itu pertama kali saya yang akan pakai," tambahnya.
Dia pun berharap dalam 2 tahun ke depan ada proses pembelajaran bagi Indonesia, khususnya Jakarta untuk menggunakan kendaraan listrik.
"Kita harapkan dalam dua tahun ada proses pembelajaran, ada proses diskusi di antara stakeholder sehingga satu kegiatan industri mobil listrik, pengoperasian mobil listrik menjadi suatu usaha yang maksimal karena, satu pasti kita ingin Jakarta lebih bersih," pungkas Budi Karya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan