kumparan
19 Oktober 2019 18:15

Menhub Pastikan Manggarai Bakal Gantikan Gambir Jadi Pusat Stasiun

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berbincang terkait capaian Kemenhub. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Stasiun Manggarai akan menjadi pusat stasiun kereta api, menggantikan Stasiun Gambir di 2021, meskipun jika nantinya posisi menhub bukan lagi dirinya.
ADVERTISEMENT
Stasiun Manggarai kini tengah disiapkan untuk menggantikan peran stasiun Gambir. Tahun 2021 layanan kereta api jarak jauh akan dipusatkan di Manggarai. Sementara Stasiun Gambir nantinya hanya akan melayani kereta tertentu saja.
“Iya bisa jalan. Itu (Stasiun Gambir) sendiri bukan tidak mungkin diubah,” ujar Budi Karya di Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Sabtu (19/10).
Menurutnya, rencana menjadikan Stasiun Manggarai sebagai sentral stasiun sudah dilakukan sejak lama. Budi mengungkapkan, memang idealnya konektivitas untuk keluar kota dipisahkan dengan yang masuk ke dalam kota.
“Ini sudah lama sekali sebenarnya. Satu konektivitas yang keluar harus dipisahkan dari angkutan transportasi dalam kota,” jelasnya.
Suasana di depan Stasiun Manggarai. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Rencana Stasiun Manggarai menjadi pusat stasiun tersebut sejalan dengan pembangunan penambahan jalur rel kereta api, khususnya kereta api bandara yang selama ini masih satu jalur dengan KRL Commuter Line.
ADVERTISEMENT
Dengan beroperasinya kereta api bandara dari Stasiun Manggarai diharapkan bisa meningkatkan mobilitas penumpang. Hal ini karena Stasiun Manggarai menjadi titik temu bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Bekasi, Depok, hingga Bogor.
“Jadi memang idealnya di Manggarai. Tapi kita enggak bandel, kita terus mendengar apa masukan masyarakat,” tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan