kumparan
8 September 2019 16:26

Menhub Pastikan Runway 3 Bandara Soetta Beroperasi Penuh November 2019

Pesawat komersial pertama mendarat di Runway ke-3 Bandara Soekarno-Hatta
Pesawat komersial pertama mendarat di Runway ke-3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Dok. Angkasa Pura II
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres runway atau landasan pacu 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu (8/9).
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan ini, Budi Karya memastikan runway dengan panjang total 3.000 meter telah bisa dioperasikan sebagian.
"Runway sudah beroperasi hampir 1 bulan dan berlangsung baik. Tadi pesawat Citilink Boeing 737 dan Wings Air 737 berjalan begitu mulus," ujarnya usai memantau runway 3 di Kantor AirNav Bandara Soetta.
Menhub Budi Karya Sumadi, Runway 3 Bandara Soetta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) saat mengunjungi Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (8/9). Foto: Abdul Latif/kumparan
Hanya saja, saat ini baru 2.500 meter yang bisa beroperasi. Diharapkan pada bulan November 2019, runway sudah bisa beroperasi secara penuh.
"Saat ini baru 2.500 meter lebar 45 meter. Oleh karenanya sekarang ini masih terbatas pesawat 737 Boeing dan Airbus 320. Nanti pada November kapasitas 3.000 meter dan lebar 60 meter bisa dioperasikan," jelas Budi Karya.
Sementara itu Direktur Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin menambahkan dengan adanya runway 3 ini nantinya akan menambahkan kapasitas take off dan landing pesawat.
ADVERTISEMENT
"Dengan adanya runway 3 kapasitas bertambah dari movement sebelumnya. Ini artinya secara kapasitas meningkat," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan