kumparan
28 Mei 2018 13:04

Menhub: Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Beroperasi Pekan Depan

Bandara Ahmad Yani Lama
Bandara Ahmad Yani Lama (Foto: dok. AP 1)
Kementerian Perhubungan memastikan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani akan beroperasi pada pekan depan. Dengan demikian, bandara tersebut bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun ini.
ADVERTISEMENT
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan dibukanya Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani diharapkan bisa membantu mengurangi penggunaan terminal yang lama. Dia mengatakan untuk saat ini terminal baru tersebut baru beroperasi secara fungsional.
"Berita gembiranya selain Kertajati, (Bandara) Semarang akan dibuka tanggal 5 Juni 2018. Bandara yang baru, terminal yang baru," kata Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/5).
Proyek pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki 5 paket yaitu pembangunan akses jalan ke bandara serta apron, exit dan taxy way, pembangunan terminal, dan water management.
Nantinya Bandara Ahmad Yani akan memiliki terminal dengan luas 58.652 meter persegi (dari 6.708 meter persegi) dan apron dengan luas 72.522 meter persegi (dari 29.032 meter persegi). Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas daya tampung penumpang hingga 9 kali lipat menjadi 6 juta penumpang per tahun.
ADVERTISEMENT
Selama ini, Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan pintu gerbang provinsi Jawa Tengah dengan kapasitas 800 ribu penumpang per tahun. Sedangkan penumpang eksisting tahun 2017 telah mencapai 4,4 juta penumpang per tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan