Bisnis17 September 2020 18:57

Menhub Ungkap Tantangan Sektor Transportasi: Masalah Akses hingga Peraturan

Konten Redaksi kumparan
Menhub Ungkap Tantangan Sektor Transportasi: Masalah Akses hingga Peraturan (1513224)
Ilustrasi menggunakan transportasi umum di tengah wabah corona. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam pembangunan transportasi di Indonesia. Ia mengungkapkan salah satunya terkait akses yang masih belum mudah dijangkau.
ADVERTISEMENT
"Tantangan yang belum selesai dalam pembangunan transportasi adalah pemenuhan akses keterjangkauan, peningkatan pendapatan masyarakat, dan perubahan karakteristik pasar baik lokal, regional, maupun global," kata Budi Karya saat webinar Hari Perhubungan Nasional, Kamis (17/9).
Budi Karya mengatakan, perubahan karakteristik pasar juga menuntut perbaikan kualitas pelayanan transportasi. Selain itu, persoalan lainnya adalah terkait peraturan perundang-undangan di bidang transportasi.
"Peraturan yang baik tidak hanya mempertimbangkan aspek hukum, aspek teknis, tetapi juga mempertimbangkan aspek sosiologis, aspek komunikasi. Bagaimana produk peraturan yang ada tersosialisasi dan dipahami masyarakat," ujarnya.
Menhub Ungkap Tantangan Sektor Transportasi: Masalah Akses hingga Peraturan (1513225)
Sejumlah angkot menunggu penumpang di Terminal Cicaheum, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/4/2020). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Untuk itu, Budi Karya meminta capaian kerja khususnya di bidang transportasi harus disampaikan dengan baik ke masyarakat. Sehingga langkah yang disiapkan bisa diterima dengan baik.
"Karena transportasi adalah urat nadi perekonomian. Aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana sektor transportasi mampu mendukung dan menciptakan kondisi yang kondusif bagi dunia usaha," katanya.
ADVERTISEMENT
Dia juga mengharapkan para penyelenggara transportasi tetap menjaga kinerja dan meningkatkan pelayanan di tengah pandemi COVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white