kumparan
12 Juni 2018 10:28

Menjajal Kereta Sleeper Car Milik KAI

Kereta sleeper.
Kereta sleeper mulai dijalankan besok. (Foto: Dok. PT KAI)
PT KAI (Persero) telah aktif mengoperasikan kereta mewah bernama sleeper car. Kenapa sleeper car? Karena penumpang bisa tidur di kursi yang disediakan dengan merebahkan seluruh badan layaknya di tempat tidur. Keunggulan yang ditawarkan kereta ini yakni fasilitas yang memang jauh lebih eksklusif dibandingkan kereta api yang selama ini dipakai.
ADVERTISEMENT
kumparan mencoba merasakan fasilitas di dalam gerbong kereta jenis sleeper ini. Pertama kali memasuki gerbong, hawa sejuk begitu terasa karena AC memang disetting lebih private sehingga hawanya lebih dingin.
Fasilitas tempat duduk agak menyerong agar posisi duduk penumpang lebih nyaman dan luas. Penumpang juga bisa dengan leluasa merebahkan seluruh badan. Sandaran kaki dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan penumpang.
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Ada juga fasilitas LCD untuk menemani penumpang selama berada di kereta, terdapat fitur seperti musik, film, tv, maps, permainan, e-majalah, dan tourist guide. LCD ini dapat dioperasikan melalui touch screen maupun remote yang melekat sejajar dengan jangkauan tangan penumpang, mirip seperti di pesawat.
Namun saat kumparan mengoperasikan jaringan internet masih belum dapat terhubung. Hal ini membuat beberapa fitur seperti maps, kuliner dan tourist guide belum berfungsi secara optimal.
ADVERTISEMENT
Dengan harga Rp 900.000, penumpang bisa menikmati berbagai fasilitas super mewah di gerbong kereta sleeper car mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik.
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Kemudian jenis sandaran kaki yang juga elektrik, tersedia private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger. Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis. Secara garis besar, fasilitas yang ditawarkan sama seperti layanan pesawat first class.
Untuk fasilitas toilet juga mirip seperti toilet di pesawat dengan ornamen marmer, terdapat wastafel dan toilet duduk.
Toilet Kereta Sleeper Car
Toilet Kereta Sleeper Car. (Foto: Abdul Latif/Kumparan)
Kereta sleeper car ini mulai resmi beroperasi hari ini. Kereta ini akan dijalankan bersamaan dengan rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi (PP).
ADVERTISEMENT
KAI telah memesan sebanyak 10 gerbong sleeper car dari PT INKA. Sebanyak 4 unit gerbong sleeper car memiliki kapasitas sebanyak 18 seats. Sementara sebanyak 6 unit gerbong lainnya memiliki kapasitas 27 seats.
Untuk saat ini, harga yang dibanderol Rp 900 ribu per seat. Harga ini masih dalam durasi promo selama satu bulan.
Toilet Kereta Sleeper Car
Toilet Kereta Sleeper Car. (Foto: Abdul Latif/Kumparan)
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan
Kereta Sleeper Resmi di Operasikan. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan