kumparan
30 Mei 2018 16:46

Mentan: Sebentar Lagi Stok Beras Bulog Capai 2 Juta Ton

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman
Menteri Pertanian, Amran S. di seminar nasional. (Foto: Fitra Andrianto/ kumparan)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis stok beras Perum Bulog akan mencapai 2 juta ton dalam waktu dekat. Saat ini cadangan beras di gudang-gudang Bulog mencapai 1,4 juta ton dan masih terus meningkat karena sekarang sedang musim panen.
ADVERTISEMENT
“Realisasi stok beras saat ini 1,4 juta ton. Ini masih panen terus dan sebentar lagi bisa mencapai 2 juta ton,” kata Amran saat ditemui di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (30/5).
Amran mengklaim, pengadaan beras yang dilakukan Bulog cukup stabil. Katanya, stok Bulog saat ini cukup untuk penyaluran sampai akhir tahun. Pasokan beras telah ditingkatkan 20% menjelang lebaran. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir.
“Serapannya cukup melaju, saya apresiasi Dirut Bulog (Budi Waseso) yang baru. Ini cukup untuk lebih dari Lebaran sampai Desember. Kita sudah siapkan 20% lebih banyak dari hari biasa,” ujarnya.
Amran menambahkan, pengadaan beras Bulog tak terhambat meski Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras tak dinaikkan. Katanya, Bulog sudah diberi fleksibilitas untuk membeli beras dengan hara 10% di atas HPP yang ditetapkan pemerintah. Bulog juga dapat menyerap beras dengan skema komersial.
ADVERTISEMENT
“Ada harga untuk beras di luar kualitas (kadar air 30%), ada HPP, fleksibilitas di atas HPP sebesar 10%, dan ada harga komersial. Artinya, tidak ada lagi celah beras petani tidak bisa dibeli oleh Bulog. Jadi ada instrumennya, kita sudah buat regulasi untuk itu,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan