Menteri ESDM Buka Suara soal BBM Pertalite & Pertamax Akan Dihapus

16 September 2022 15:52
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif hadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (27/1).  Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif hadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (27/1). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT
Menteri ESDM Arifin Tasrif buka suara mengenai ramai kabar soal BBM RON 90 dan RON 92 setara Pertalite dan Pertamax akan dihapus, menyusul dilarangnya peredaran BBM RON 88 (Premium) dan BBM RON 89 (Revvo 89) per 1 Januari 2023.
ADVERTISEMENT
Menurut Arifin pemerintah memang sudah memiliki rencana untuk menghapus BBM RON 90 dan 92 sesuai dengan peta jalan energi bersih. Aturannya mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, kategori N, dan kategori O.
Pertamina pastikan stok Pertalite dan Solar aman. Foto: Pertamina
zoom-in-whitePerbesar
Pertamina pastikan stok Pertalite dan Solar aman. Foto: Pertamina
"Memang kita sudah punya roadmap tentang itu (penghapusan BBM RON 90 dan 92). Cuma pelaksanaannya dilakukan berangsur (bertahap), jangan sampai kaget," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (16/9).
Alasan penghapusan BBM tersebut, kata Arifin, agar emisi karbon dari kendaraan bisa berkurang dan udara lebih bersih. Di sisi lain, Indonesia juga sudah ketinggalan dibandingkan negara lain yang sudah menggunakan BBM standar Euro 4 dan Euro 5 yaitu BBM RON 95 ke atas. Di SPBU Pertamina, BBM RON 95 setara Pertamax Turbo.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Meski begitu, mantan Direktur Utama PT Rekind ini tidak menyebutkan secara tegas kapan BBM RON 90 dan 92 akan dihapus.
"Harusnya memang begitu, makannya roadmap-nya begitu (Euro 4). Kita paling ketinggalan kan," lanjutnya.
****
Ikuti program Master Class Batch 3, 3 hari pelatihan intensif untuk para pelaku UMKM, gratis! Daftar sekarang di LINK INI.