kumparan
search-gray
Bisnis4 Maret 2020 16:52

Menteri ESDM Dorong ITB Kembangkan Energi Terbarukan

Konten Redaksi kumparan
Menteri ESDM Dorong ITB Kembangkan Energi Terbarukan (185054)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif hadir pada kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman di antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Pertamina dan Pupuk Indonesia serta Balitbang Kementerian ESDM dan ITB. Kegiatan diadakan di Aula Barat ITB pada Rabu (4/3).
ADVERTISEMENT
Ditemui setelah kegiatan, Arifin menuturkan, kegiatan diadakan untuk menciptakan sinergi di antara instansi terkait. Diharapkan sinergitas itu dapat memberi nilai lebih bagi negara dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia.
Dalam kegiatan tersebut, diketahui Nota Kesepahaman yang ditandatangani antara Balitbang ESDM dan ITB bertujuan untuk mengembangkan proses penelitian serta pengabdian pada masyarakat terutama dalam sektor energi dan sumber daya mineral.
Sementara itu, kerja sama antara Pupuk Indonesia - Pertamina dan ITB bertujuan untuk mengembangkan penelitian serta pengembangan bahan bakar nabati. Nantinya, potensi sumber daya yang diolah akan digunakan oleh industri.
"Ini tentu saja bagaimana bisa bersinergi dan bisa memanfaatkan potensi-potensi yang ada sehingga bisa memberikan nilai tambah untuk negara," kata dia.
Menteri ESDM Dorong ITB Kembangkan Energi Terbarukan (185055)
Institut Teknologi Bandung. Foto: Dok. ITB
Arifin berharap sumber daya yang tersedia tidak hanya digunakan oleh industri besar tapi juga industri kecil yang dapat dijangkau oleh masyarakat umum. Adapun katalis akan digunakan untuk media menghasilkan bahan bakar berbasis bio yang terbarukan.
ADVERTISEMENT
"Nanti industrinya yang tidak hanya industri kelas besar tapi juga mudah-mudahan bisa diterapkan di industri kecil yang mencakup kegiatan masyarakat banyak," jelas dia.
"Katalis ini nanti digunakan sebagai media menghasilkan bahan bakar berbasis bio," lanjut dia.
Disinggung soal program Kementerian ESDM tahun ini, Arifin Tasrif mengatakan, institusinya akan mendorong sumber energi terbarukan yang dapat menarik minat dan perhatian para investor yang menanamkan modalnya.
"Tahun ini ya kita akan dorong pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan antara lain kita siapkan tarif-tarif baru yang mungkin akan bisa memberikan daya tarik tersendiri yang mungkin dengan kebijakan-kebijakan yang lebih menarik untuk investor," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white