kumparan
search-gray
Bisnis4 Mei 2020 14:53

Menteri ESDM: Harga BBM Indonesia Salah Satu yang Termurah di ASEAN

Konten Redaksi kumparan
Menteri ESDM: Harga BBM Indonesia Salah Satu yang Termurah di ASEAN (1081792)
Karyawan melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan konsumen di SPBU Coco Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/2). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Turunnya harga minyak mentah dunia direspons beberapa negara dengan menurunkan harga BBM. Salah satunya adalah Malaysia yang di tingkat ASEAN menjadi negara paling murah menjual BBM RON 95 sebesar USD 0,29 per liter sejak 13 April 2020.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, harga BBM RON 95 setara Pertamax Plus, belum juga turun. Kementerian ESDM belum memberikan perintah ke PT Pertamina (Persero) dan badan usaha lainnya untuk memangkas harganya. Meski belum turun, harga BBM Indonesia jenis tersebut salah satu yang termurah di ASEAN.
“Sebagai catatan, sebelum diturunkan pun, harga BBM kita tercatat salah satu yang paling murah di region ASEAN,” kata Menteri ESDM, Arifin Tasrif dalam rapat kerja Komisi VII DPR RI secara daring, Senin (4/5).
Dalam data yang dipaparkan Arifin Tasrif, Indonesia menempati urutan keenam dari sembilan negara di ASEAN yang menjual BBM RON 95. Dalam dolar Amerika Serikat, harganya sekitar USD 0,65 per liter pada 3 Februari 2020 hingga hari ini. Sedangkan pada 6 Januari 2020, harganya USD 0,67 per liter. Data ini menunjukkan sejak awal Februari hingga hari ini memang BBM RON 95 belum diturunkan.
Menteri ESDM: Harga BBM Indonesia Salah Satu yang Termurah di ASEAN (1081793)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif hadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (27/1). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Di bawah Indonesia, ada tiga negara lain yang lebih murah menjual BBM RON 95 yaitu Vietnam USD 0,050 per liter, Myanmar USD 0,37 per liter, dan Malaysia USD 0,29 per liter. Malaysia menjadi negara paling murah karena telah menurunkan harga BBM RON 95 beberapa kali sejak harga minyak mentah anjlok.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di atas Indonesia, hingga 27 April 2020, ada lima negara yang menjual BBM RON 95 lebih mahal. Mereka adalah Kamboja USD 0,65 per liter, Thailand USD 0,67 per liter, Filipina USD 0,79 per liter. Ada juga Laos USD 1,08 per liter dan Singapura paling mahal, USD 1,40 per liter.
“Nah kalau kita lihat, untuk bensin, kita masih berada di urutan pertengahan. Malaysia, Myanmar, dan Vietnam memang turun tajam. Tapi kalau kita bandingkan dengan Singapura, kita di tengah,” ujar Arifin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white